Pengaruh Penggunaan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman di Sekolah Dasar

Authors

  • Liza Kusuma Dewi MIS Minhadlul Ulum

Keywords:

Permainan Edukatif, Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran nilai-nilai keislaman di Sekolah Dasar. Metode penelitian eksperimen digunakan untuk mengumpulkan data dari siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan dan tanpa penggunaan permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif secara signifikan meningkatkan pemahaman dan penerimaan nilai-nilai keislaman pada siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dalam konteks keislaman.

References

Caswita. “Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 3 (2019): 300–314. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.590.

Elpina, E. UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PHISIK MOTORIK ANAK DALAM MENCIPTAKAN BENTUK-BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA PLASTISIN DI RA …. repository.radenfatah.ac.id, 2016. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/180.

Haidir, H. “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Di Daerah Islam Minoritas (Kabupaten Dairi, Karo Dan Tapteng).” repository.uinsu.ac.id, 2020. http://repository.uinsu.ac.id/13663/1/BOPTN.pdf.

Kusen, K, R Hidayat, I Fathurrochman, and ... “Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru.” Idaarah: Jurnal …, 2019. http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/700.

MAGHFIROH, L. “PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK.” Digilib.Uin-Suka.Ac.Id, n.d. https://digilib.uin-suka.ac.id/5735/1/BAB I%2C IV%2C DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Mujab, A S, R P Irawati, and ... “Pengembangan Modul Bahasa Arab Berbasis Teori Psikologi Perkembangan Remaja Elizabeth B. Hurlock Kelas X MA.” Lisanul Arab: Journal of …. journal.unnes.ac.id, 2018. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/26068/11592.

Rohman, M Z. Penerapan Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatan Kompetensi Guru Di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. repository.iainkudus.ac.id, 2019. http://repository.iainkudus.ac.id/3084/.

Setiawan, A. EFEKTIFITAS PERMAINAN EDUKATIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DI RA NU IBTIDAUL FALAH DESA SAMIREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. repository.iainkudus.ac.id, 2009. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1311.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

Thaib, Razali M. “Pragmatisme: Konsep Utilitas Dalam Pendidikan.” Intelektualita 4, no. 1 (2018): 96–110.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles