Analisis Efektivitas Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa SD

Authors

  • diditendrassiska MIN SANGGAU KABUPATEN SANGGAU PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Buku Ajar, Efektivitas, Kompetensi Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas buku ajar Pendidikan Agama Islam terhadap pencapaian kompetensi siswa Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis dengan mengumpulkan data melalui observasi dan tes kompetensi. Sampel penelitian ini adalah siswa SD yang menggunakan buku ajar Pendidikan Agama Islam sebagai sumber belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ajar ini secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan pencapaian kompetensi siswa. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan buku ajar yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada tingkat SD.

References

Cahyo, D D. … Kecerdasan Perspektif Howard Gardner Dalam Buku Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Dan Relevansinya Dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (PAI …. repository.iainbengkulu.ac.id, 2021. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6785.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Destriani, and Idi Warsah. “PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022): 175–90.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Gardner, Howard. Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Teori Dalam Praktik. Tanggerang Selatan: Interaksara, 2013.

Hadi, Samsul. “Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Asembagus.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 4, no. 2 (2016): 193–212. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2639.

Maudiarti, Santi. “Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 32, no. 1 (2018): 51–66. https://doi.org/10.21009/pip.321.7.

Pramusinta, Y, and S N Faizah. Belajar Dan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=eeBiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+abad+21&ots=OOADB7_5zB&sig=otxRI71_klC8-82EONlEdsBSiUQ.

Rahmi, Nur, and Muhammad Taufik. “Reaktualisasi Ajaran Islam Indonesia (Telaah Pemikiran Harun Nasution Dan A. Mukti Ali).” Philosophy and Local Wisdom Journal (Pillow) 1, no. 1 (December 2022): 67–87. https://doi.org/10.14421/ajis.2006.441.223-240.

Ridlwan, M, and W Hamsia. “Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Pendekatan Kontekstual Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UMSurabaya.” Stilistika: Jurnal Pendidikan …. journal.um-surabaya.ac.id, 2019. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/viewFile/2535/1782.

Sari, E Y D. Paradigma Baru Psikologi Lingkungan. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=BI0TEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=paradigma+mekanis&ots=4SxGKMDW9p&sig=SHMg5gs87v8PBDoeoLSDQLVaxvM.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Utami, S, and L Ruhaena. Proses Stimulasi Kemampuan Literasi Pada Anak Pra-Sekolah Oleh Ibu Di Rumah. eprints.ums.ac.id, 2018. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66348.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles