Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda

Authors

  • Zikrillah MA Miftahul Huda Kotabumi

Keywords:

Pembelajaran Mapel Al-Qur'an Hadits, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, Madrasah aliyah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas pembelajaran mapel Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah yang fokus pada tiga tahapan pembelajaran, yaitu:1.perencanaan,2. pelaksanaan, dan.3. evaluasi serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan multisitus, karena penelitian ini meneliti dua subyek, latar atau tempat penyimpanan data. Subyek penelitian ini lebih dari satu, karenanya sesuai dengan pendapat Bogdan, penelitian menggunakan pendekatan multisitus berusaha mengkaji beberapa subyek tertentu dan membandingkan dan mempertentangkan beberapa subjek tersebut. Aturannya, subjek yang diperbandingkan harus sejenis dan sebanding. Berdasarkan pada hasil penelitian bahwa pembelajaran Mapel  Al-Qur‟an Hadis pada Madrasah Aliyah memiliki perbedaan, antara lain: Pertama, Pada kegiatan perencanaan pembelajaran di MA Miftahul Huda belum dilakukan secara baik karena guru-guru belum begitu faham kurikulum 2013, Kedua, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada masing-masing Madrasah mengacu pada RPP yang dikembangkan sebelumnya yakni pada awal semester, namun kualitas perencanaan masih memiliki perbedaan yang mencolok karena ada yang sangat faham kurikulum dan ada juga yang sebaliknya, Ketiga evaluasi kegiatan pembelajaran sudah dilakukan, namun ada yang sesuai dengan tuntunan K13 dan ada yang tidak sesuai  karena kurangnya pemahaman tentang kurikulum

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Departemen Agama RI. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag

Davis, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Direktorat Pendidikan Madrasah. Depag. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Depag

English, Evelyn Williams. 2005. Mengajar dengan Empati. Bandung: Nuansa

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Gerlach, Vernon S. Ely, Donald P. 1980. Teaching and Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Hergenhahn, B.R., & Mattew H. Olson. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar), terj. Triwibowo. Jakarta: Kencana

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Robert K. Yin. 2008. Cose Study Research; Design and Methods. Diterjemahkan oleh M. Djauzi Mudzakir, Studi Kasusl Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. 2006. Accelerated Learning, Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles