Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 5 SD

Authors

  • hairudin Mas Muslim Cendikia

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 5 SD. Pendekatan kontekstual diaplikasikan untuk meningkatkan pemahaman konsep keagamaan dan nilai-nilai Islam pada tingkat dasar. Metode penelitian ini melibatkan desain pembelajaran yang mempertimbangkan konteks sosial, budaya, dan sekitar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam. Implikasi praktis penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dan pengambil kebijakan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat dasar.

References

Abidin, Achmad Zainal. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018.” JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2, no. 5 (2021): 729–36. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Karolina, Asri. “Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Banyuasin 1).” Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2012.

Muchith, M S. “Guru PAI Yang Profesional.” Quality, 2017. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2121.

Mujab, A S, R P Irawati, and ... “Pengembangan Modul Bahasa Arab Berbasis Teori Psikologi Perkembangan Remaja Elizabeth B. Hurlock Kelas X MA.” Lisanul Arab: Journal of …. journal.unnes.ac.id, 2018. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/26068/11592.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV., 2019.

———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles