Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD

Authors

  • Selamat Riadi MIS Tarbiyatul Huda

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendidikan Agama Islam, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (SD). Metode evaluasi dilakukan melalui pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas, partisipasi siswa, dan dampak program terhadap pemahaman konsep keagamaan. Instrumen penilaian mencakup pengukuran pencapaian pembelajaran, respons siswa, dan peningkatan keterampilan praktis dalam konteks nilai-nilai Islam. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang keberhasilan dan tantangan dalam implementasi program pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD.

References

Anas, Nirwana, and Sapri. “Komunikasi Antara Kognitif Dan Kemampuan Berbahasa.” Eunoia Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 1, no. 1 (2021): 1–8. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/997/775.

Anwar, R K, N Komariah, and ... “Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian Di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat.” Wawasan: Jurnal Ilmiah …, 2017. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jw/article/view/964.

Fatoni, P, and M Rosalina. “Efektifitas Penggunaan Games Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Aplikasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Computer ….” INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem …. academia.edu, 2021. https://www.academia.edu/download/86391488/49.pdf.

Huljannah, M. “Peran Guru Pai Dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Smpn 5 Teluk Kuantan.” JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK …, 2020. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/1031.

Ikram, D, R Fadli, K Karoma, and M Astuti. “INOVASI DALAM PEMBELAJARAN KONTEMPORER PENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR.” ENTINAS: Jurnal Pendidikan …, 2023. https://entinas.joln.org/index.php/2023/article/view/31.

Mujizatullah, Mujizatullah. “Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone.” Pusaka 9, no. 2 (2021): 231–50. https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i2.526.

Nasriani, R, Y D Kurino, and ... “Model Pembelajaran Flipped Classroom Bagi Siswa SD Pada Abad 21.” Prosiding Seminar …, 2022. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/801.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Warsah, Idi, Yusron Masduki, Imron, Mirzon Daheri, and Ruly Morganna. “Muslim Minority in Yogyakarta: Between Social Relationship and Religious Motivation.” Qudus International Journal of Islamic Studies 7, no. 2 (2019): 367–98. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.6873.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles