Integrasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Al-Qur'an untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • resitayani IAIN CURUP

Keywords:

Augmented Reality, Pembelajaran Al-Qur'an, Sekolah Dasar, Pemahaman Siswa, Inovasi Pembelajaran

Abstract

Abstrak:Penelitian ini membahas integrasi teknologi augmented reality (AR) dalam pembelajaran Al-Qur'an untuk siswa sekolah dasar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan AR dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Al-Qur'an. Metode penelitian eksperimental digunakan dengan melibatkan siswa sekolah dasar sebagai subjek penelitian. Penelitian ini mencakup pengembangan aplikasi AR khusus yang menyajikan konten Al-Qur'an secara interaktif dan menarik. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi Al-Qur'an. Implikasi pedagogis dari temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dalam konteks pembelajaran agama di sekolah dasar.

References

Adisel, A. “Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran.” ALIGNMENT: Journal of Administration and …, 2019. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/ALIGNMENT/article/view/900.

Azmi, S N. Efektivitaf Penerapan Cooperative Learning Menurut Teori Konstruktivisme Sosial Vygotsky Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Terhadap Interaksi Edukatif …. digilib.uinsa.ac.id, 2011. https://digilib.uinsa.ac.id/8923/.

Destriani, and Idi Warsah. “PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022): 175–90.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Effendi, M J, and K Yusmiarti. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada PAUD Tk Bunaya.” Jurnal Informatika, 2021. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/192.

Haris, Abdul. “Panggilan Quran Kepada Umat Manusia.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 5, no. 5 (2018): 15. https://doi.org/10.37064/jpm.v6i1.4985.

Irawati, Dini, Nanat Fatah Natsir, and Erni Haryanti. “Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, Dan Konstruktivisme Dalam Perspektif ‘Epistemologi Islam.’” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4, no. 8 (2021): 870–80. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.358.

Nuryanti. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Perilaku Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Bolo.” Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 19, no. 2 (2021): 1–23.

Rasyidi, Rasnam, R. Amalia Hayani, and Wardatul Ilmiah. “Guru Dalam Pendidikan Islam, Antara Profesi Dan Panggilan Dakwah.” JAWARA: Jurnal Pendidikan Karakter 6, no. 2 (2020): 19–38. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/issue/view/821.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles