Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning terhadap Pemahaman Konsep Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar

Authors

  • Syaiful Mujab SMPN 11 Rejang Lebong

Keywords:

Cooperative Learning, Pemahaman Konsep, Akhlak Mulia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning terhadap pemahaman konsep akhlak mulia pada anak usia dini di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui instrumen tes pemahaman konsep akhlak mulia dan dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning signifikan meningkatkan pemahaman konsep akhlak mulia pada anak usia dini dibandingkan dengan metode konvensional. Implikasi temuan ini mendukung pentingnya menggunakan pendekatan kooperatif dalam konteks pendidikan anak usia dini untuk memperkuat pemahaman konsep akhlak mulia.

References

Afifah, Dian Septi Nur. “Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2012): 145–52. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.

Destriani, and Idi Warsah. “PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022): 175–90.

Nurdin, Erdawati. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Level Kemampuan Matematis” 4, no. 1 (2016).

Rahmat, R. “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berlandaskan Multikultural (Telaah Implikasi Model Cooperative Learning Di Perguruan Tinggi).” Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2019. http://jim.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/5290.

Sánchez, J C, D F López-Zapata, Ó A Pinzón, and ... “Effect of Flipped Classroom Methodology on the Student Performance of Gastrointestinal and Renal Physiology Entrants and Repeaters.” BMC Medical …. Springer, 2020. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02329-5.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

SYARIFUDDIN, MUHAMMAD, and MEINI SONDANG SUMBAWATI. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Tutorial Website Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas XI RPL SMK Krian 1.” It-Edu 3, no. 02 (2019).

Wulansuci, G, A Sumitra, and ... “Penyuluhan Model Pembelajaran Abad-21 (Cooperative Learning) Sebagai Upaya Mengatasi Stress Akademik Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pendidik ….” Abdimas …, 2022. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/10250.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles