Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung dalam Konteks Pendidikan Agama Islam di SD

Authors

  • triyan mtss al iman muko-muko

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Game, Keterampilan Berhitung, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa SD dalam konteks pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Peserta penelitian terdiri dari siswa SD yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran berbasis game dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berhitung dan dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan berhitung siswa SD dalam konteks 

References

Anisatin, L. Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Terhadap Profesionalitas Guru PAI Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran PAI Di Madrasah Tsanawiyah (MTs …. etheses.uin-malang.ac.id, 2014. http://etheses.uin-malang.ac.id/39939/.

Azizah, N. “PERAN GURU DALAM MENJAWAB TANTANGAN PEMBELAJARAN ABAD 21.” Thesiscommons.Org, n.d. https://thesiscommons.org/tpnjx/download?format=pdf.

Fatoni, P, and M Rosalina. “Efektifitas Penggunaan Games Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Aplikasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Computer ….” INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem …. academia.edu, 2021. https://www.academia.edu/download/86391488/49.pdf.

Fauzan, M A, and F Arifin. Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=q0x1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA72&dq=pembelajaran+abad+21&ots=UexqqIf2T_&sig=p6eBJJvqkEuRJT76tRLg3N15GCo.

Fikri, A, A Rahmawati, and ... “Persepsi Calon Guru Pai Terhadap Kompetensi 6C Dalam Menghadapi Era 4.0.” … AGAMA ISLAM, 2020. http://mail.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/331.

Mawardi. “Merancang Model Dan Media Pembelajaran.” Jurnal Penididkan Dan Kebudayaan 8, no. 1 (2017): 26–40.

Nugroho, T A, and KAPD PF. “PENGGUNAAN MEDIA MOODLE UNTUK EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AGAMA HINDU ABAD 21.” Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 2020. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/ppg/article/view/1483.

Simeru, A, and A L Lubis. “Studi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21 Pada Mata Kuliah Desain Grafis Pada Perguruan Tinggi Jurusan Teknik Informatika.” Research In Education and Technology, 2022. https://journalregy.com/index.php/uvw/article/view/5.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Syaikhul Alim, Muhamad, and Achmad Munib. “Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim 9, no. 2 (2021): 263–85.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles