Sepenting Apa Media Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa

Authors

  • Syahyolan Februan MI Ismaria Al-Qur’anniyyah, Rajabasa Bandar Lampung

Keywords:

Media Pembelajaran, Guru dan Siswa

Abstract

Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentukm jamak dari “ medium” secara harfiah berati perantara atau penghantar, sedangkan Nasional Education Association (NEA) mendefinisikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan,dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut. Didalam proses kegiatan belajar mengajar yang menggunakan media sebagai alat untuk membantu memahami suatu permasalahan yang dijelaskan oleh pendidik yang kemudian sebagai alat yang membantu agar peserta didik lebih paham namun pada kenyataannya dalam memilih media pembelajaran masih terdapat kesalahn yang berakibat  banyak siswa yang lebih tertarik mengetahui apa nama media tersebut dibandingkan dengan fungsi media itu digunakan sehingga fungsi media pembelajaran tidak sesuai yang diharapkan yaitu agar siswa menjadi lebih paham. Pada makalah ini akan dipaparkan sepenting apa media pembelajaran bagi guru dan siswa

References

A, Sadiman. 1990. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya .Jakarta: Rajawali Press.

Amka.(2018). Media pembelajaran inklusi ( 1st ed.; 1, Yuwono, ed.).retrieved from http://eprint.ulm.ac.id/6126/1/B5.Publikasi Buku Reprensi Media Pembelajaran Iklusi.pdf

http://repository.radenintan.ac.id/3618/4/14%20BAB%20II%20reza.pdf

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr7w2rTYTV&sig=iNgHfp1AnmiNIO41U-0ytCUfRjM&redir_esc=y#v=onepage&q=media%20pembelajaran&f=false

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zPQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pengertian+media+pembelajaran&ots=LR0J59XtM9&sig=LZiX6jnSvbzdSEGTGrk0URcwUs4&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20media%20pembelajaran&f=false

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles