Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • nandi supian jaya SDN 59 Kota Bengkulu

Keywords:

Pendidikan Agama Islam,, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Kontekstual,

Abstract

Abstrak: Pendekatan Saintifik memiliki peranan penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan problem-solving pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi Pendekatan Saintifik dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis konten untuk mengidentifikasi strategi konkret yang dapat diterapkan dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep keagamaan, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual.

References

Arnidha, Y, and F Fatahillah. “Membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik.” JURNAL E-DuMath, 2021. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/1359.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Effendi, M J, and K Yusmiarti. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada PAUD Tk Bunaya.” Jurnal Informatika, 2021. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/192.

Fatimah, S. Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas IV SDN Warugunung 1 Surabaya Semester I. digilib.uinsa.ac.id, 2018. https://digilib.uinsa.ac.id/22475/.

Fitrah, A, Y Yantoro, and S Hayati. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Basicedu, 2022. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2511.

Kusaeri, K, and R Sa’adillah. Mensinergikan Pendekatan Saintifik Dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. digilib.uinsby.ac.id, 2015. http://digilib.uinsby.ac.id/6480/.

Marinda, L. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 2020. http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/26.

Masjid, A Al. “Problem Based Learning, Salah Satu Model Pembelajaran Hots Abad 21.” Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 2022. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SemNasTamansiswa/article/view/69.

Mufidah, I, and H Asmawi. “Komunikasi Interpersonal Dan Keterampilan Memberi Penguatan: Sebuah Analisa Korelasional Terhadap Minat Belajar Siswa.” Palapa, 2017. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/43.

Mujab, A S, R P Irawati, and ... “Pengembangan Modul Bahasa Arab Berbasis Teori Psikologi Perkembangan Remaja Elizabeth B. Hurlock Kelas X MA.” Lisanul Arab: Journal of …. journal.unnes.ac.id, 2018. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/26068/11592.

Shoffa, Shoffan. “Meta Analisis Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Vygotsky 4, no. 2 (2022): 105. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.571.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Widestra, R A. … Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Terintegrasi Literasi Saintifik Abad 21 Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X. repository.unp.ac.id, 2021. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34315.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles