Pengaruh Lingkungan Belajar Terbuka terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD

Authors

  • bahrul azwar Mtss Alhuda

Keywords:

Lingkungan Belajar Terbuka, , Motivasi Belajar, , Prestasi Belajar

Abstract

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh lingkungan belajar terbuka terhadap motivasi dan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD. Lingkungan belajar diidentifikasi sebagai faktor kunci yang dapat memengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa dalam konteks pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang diberikan kepada siswa SD yang terlibat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana lingkungan belajar terbuka dapat menjadi pendorong motivasi siswa dan dampaknya terhadap prestasi belajar mereka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat membantu dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung pengembangan lingkungan belajar yang positif dalam konteks pendidikan agama Islam di tingkat SD.

References

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Dewi, P. “Pengaruh Flipped Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri 3 Parepare.” AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan …, 2021. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/826.

HUSNIYAH, S. STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA …. digilib.uinkhas.ac.id, 2016. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33.

Meyanti, I. KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP LABORATORIUM UNDIKSHA. repo.undiksha.ac.id, 2021. https://repo.undiksha.ac.id/7671/.

Mulyaningsih, Indrati Endang. “KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR THE INFLUENCE OF SOCIAL INTERACTION OF FAMILY RELATIONSHIP , ACHIEVEMENT MOTIVATION , AND INDEPENDENT LEARNING,” 2014, 441–51.

Nasution, Mulyadi Hermanto. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Vol 5, no. 1 (2020): hal.60.

Nurhudi, N. PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA DI PT KIMIA FARMA APOTEK (CABANG MALAKA JAYA). repository.unsada.ac.id, 2022. http://repository.unsada.ac.id/4929/.

Purnamasri, I. “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pai Kelas XI SMAN 1 Tinambung.” Jurnal Inspiratif Pendidikan, 2020. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/14960.

Sari, Pusvyta. “Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning.” Ummul Quro 6, no. Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015 (2015): 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sutarto, Sutarto. “Teori Kognitif Dan Impllikasinya Dalam Pembelajaran.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. 2 (2017): 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles