Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar

Authors

  • rifmawan wahyu ningsi MTTS LAMPUNG

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, , Pembelajaran Berbasis Proyek,

Abstract

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis dampak penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Al-Qur'an terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol acak prates-narasumber pasca. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas rendah di dua sekolah dasar yang dipilih secara acak. Pembelajaran berbasis proyek diimplementasikan pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dalam pengajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar.

References

ANA, MAra. … Model Pembelajaran Collaborative Creativity (Cc) Terhadap Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Nurul …. Repository.Radenintan.Ac.Id, 2021. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/15284.

Anwar, R K, N Komariah, And ... “Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian Di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat.” Wawasan: Jurnal Ilmiah …, 2017. Http://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Jw/Article/View/964.

Bahri, F M, And S Supahar. “Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama Dan Sains Dalam Pembelajaran Pai Di Sma.” Edukasi Islami: Jurnal …, 2019. Http://Www.Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Ei/Article/View/402.

Fauziyah, N L, N Nabil, And A Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru Pai Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami …, 2022. Http://Www.Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Ei/Article/View/2092.

Manalu, J B, P Sitohang, And ... “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Prosiding Pendidikan …, 2022. Http://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Article/View/174.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As An Alternative To Investing The Values Of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, No. 2 (2022): 487–504. Https://Doi.Org/10.21154/Muslimheritage.V7i2.5018.

Nasriani, R, Y D Kurino, And ... “Model Pembelajaran Flipped Classroom Bagi Siswa Sd Pada Abad 21.” Prosiding Seminar …, 2022. Https://Prosiding.Unma.Ac.Id/Index.Php/Semnasfkip/Article/View/801.

Rachmantika, Arfika Riestyan, And Wardono. “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah.” Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, No. 1 (2019): 441.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, And Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, No. 1 (2022): 1–11. Https://Doi.Org/10.32505/Ikhtibar.V9i1.632.

Zubaidah, Siti. “Mengenal 4c: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” 2nd Science Education National Conference, No. September (2018): 1–7.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles