Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Membangun Pemahaman Konseptual dan Praktikal untuk Pengembangan Pembelajaran Berkualitas

Authors

  • agussalim mts nurul qodiria

Keywords:

Evaluasi Kurikulum, Pendidikan Agama Islam,, Pemahaman Konseptual

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dengan fokus pada pembangunan pemahaman konseptual dan praktikal. Evaluasi ini dirancang untuk mendukung pengembangan pembelajaran berkualitas. Metodologi penelitian mencakup analisis kurikulum, penilaian pemahaman siswa terhadap konsep-konsep agama Islam, dan penilaian implementasi praktik pembelajaran. Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang keefektifan kurikulum saat ini dan memberikan dasar untuk penyempurnaan yang berkelanjutan. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk perbaikan kurikulum, pengembangan strategi pembelajaran inovatif, dan penguatan aspek konseptual dan praktikal dalam konteks pendidikan agama Islam.

References

Aulia, F. Evaluasi Implementasi Kurikulum Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Pembelajaran Abad Ke 21. repository.upi.edu, 2020. http://repository.upi.edu/id/eprint/47622.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Fauzan, M A, and F Arifin. Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=q0x1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA72&dq=pembelajaran+abad+21&ots=UexqqIf2T_&sig=p6eBJJvqkEuRJT76tRLg3N15GCo.

Fitriyanti, F. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran PAI”(Penelitian Dan Pengembangan …. repository.uinbanten.ac.id, 2019. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4443.

Gunawan, Imam, and Anggraini Retno Paluti. “Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran , Dakn Penilaian.” E-Journal.Unipma 7, no. 1 (2017): 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE.

Kadir, A. “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 2018. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/886.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Ning Zahro, Mas. “Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur.” Jurnal Manajemen Pendidikan, n.d., 139–49.

Nurasiah, Murniati AR, Cut Zahri Harun. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di Sd Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 3, no. 3 (2014): 118–26.

Partono, P, H N Wardhani, N I Setyowati, and ... “Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).” Jurnal Penelitian Ilmu …, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810.

Rohman, M Z. Penerapan Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatan Kompetensi Guru Di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. repository.iainkudus.ac.id, 2019. http://repository.iainkudus.ac.id/3084/.

Rusby, Z, N Hayati, and I Cahyadi. “Upaya Guru Mengembangkan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran Fiqih Di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar.” Jurnal Al-Hikmah, 2017. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/17970.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles