UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM MIM MATI/SUKUN DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI

Authors

  • Ariyantini Rieztianingrum IAIN CURUP

Keywords:

ilmu tajwid, kemampuan, metode demontastrasi.

Abstract

The low understanding of students at MI Ma’arif Sukoharjo of  the science of tajwid, makes it difficult for students to read the Al-Quran correctly. This study aims to increase students' understanding of the science of recitation through the  demonstration method. The type of research used is Classroom Action Research with the Kemis & Mc model Taggart as much as 2 cycles. The research approach used is qualitative and quantitative, the research instruments used are observation, documentation, written tests, and interviews. The results showed that there was an increase in students' understanding of the science of recitation through the demonstration method, namely in the pre-cycle there were 4 out of 16 students who completed around 25%, in the first cycle there were 10 out of 16 students who completed around 62,5%, while in the second cycle there are 13 out of 16 students who complete around 81,25%, so that there is an increase of 56,25% from pre-cycle to cycle II. So it can be concluded that there is an increase in students' understanding of the science of recitation through the demonstration method. Rendahnya pemahaman peserta didik di MI Ma’arif Sukoharjo terhadap ilmu tajwid, membuat peserta didik sulit untuk membaca Al-Quran dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ilmu tajwid melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemis & Mc. Taggart sebanyak 2 siklus. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik terhadap ilmu tajwid melalui metode demonstrasi, yaitu pada pra siklus terdapat 4 dari 16 peserta didik yang tuntas berkisar 25%, pada siklus I terdapat 10 dari 16 peserta didik yang tuntas berkisar 62,5%, sedangkan pada siklus II terdapat 13 dari 16 peserta didik yang tuntas berkisar 81,25%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 56,25% dari pra siklus ke siklus II. Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan pemahaman peserta didik terhadap ilmu tajwid melalui metode demonstrasi.

References

Aldar. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran (BTA) Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII B SMP Negeri 1 Mambi Kabupaten Masama.” Skripsi 71.

Aulia,Fitri.2020.“Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Quran Kelas V Di MIN 1 Bandar Lampung.”

Dirawati, Neni. 2017. Pengaruh Lingkungan Masyarakat Dan Sekolah Serta Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Geyer Kabupaten Grobogan.

Ermawati.2019.“Peningkatan Hasil Belajar.”Wahana Didaktika 17(1):3.

Fince, Achmad Ramadhan, and Yusdin Gagaramusu. 2012. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas I SD Kecil Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3(1):221.

Fitriyah, Ida. 2017. “Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Futuhiyyah Mranggen Demak.” Unissula 1.

Herkulanus, L., Kaswari, and Rosnita. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa PembelajaranIPADenganMetodeDemonstrasiKelasVISD.”JurnalUniversitas Tanjungpura 4(12):11.

Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. 2017. “Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah.” Qof 1(1):16. doi: 10.30762/qof.v1i1.926.

Ismail. 2021. “Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII Di MTs. Al-Jihad Buangin Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara.”

Jeklin. 2021. “Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaKelasVIIPadaMataPelajaranAl-QuranHaditsDiMadrasahTsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi.” Skripsi 100.

Permatasari, Deasy, and Andri Falah. 2014. “APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: MADRASAH AR - RAHMAN BANDUNG).”

Prihantoro,Agung,andFattahHidayat.2019.“Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1):56. doi: 10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Riadi, Muchlisin. 2012. Metode Demonstrasi dalam Belajar. Kajian Pustaka. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-belajar.html

Rijali,Ahmad.2018.“Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin.” 17(33):84.

Shihab,Quraish.2002.Tafsir Al-Misbah Volume 14. Jakarta: Lentera Hati. Sukardiyono,

Zarkasyi,imam.1987. Pelajaran Tajwid. Vol. 23. Ponorogo: Trimukti Gontor Ponorogo.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles