Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Menggunakan Metode Jigsaw Kelas XI IPS 2 di MAN 1 OKU

Authors

  • fiona angkasa fura MAN 1 OKU

Keywords:

Learning outcomes, Jigsaw Learning Method, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Jigsaw

Abstract

This research was carried out based on the situation and conditions of the learning outcomes of Class This is shown by the average score of students who have not reached the KKM (Minimum Completeness Criteria) that has been determined, so researchers are making efforts to improve learning outcomes through the use of the Jigsaw learning method. This research aims to determine: 1. The implementation of the Jigsaw Learning Method in Sociology learning, 2. Student learning outcomes. successful application of the Jigsaw Learning Method in improving student learning outcomes in learning. This type of research is Classroom Action Research with the place of implementation at MAN 1 OKU and the subjects receiving the action are all students of Class Data is collected through observation, field notes, tests, and documentation. Data analysis is descriptive qualitative with percentages. The results of this classroom action research are: first, the use of the Guess the Word learning model can give rise to an independent attitude and stimulate the ability to solve a problem. Students find it easier to understand because they feel happy so it attracts students' attention. Second, the research results show that there is an increase in Sociology learning outcomes using the Jigsaw learning method, namely by obtaining an average score which increases each cycle. Third, the use of the Jigsaw learning method can improve the learning outcomes of Class XI IPS 2 MAN 1 OKU students for the 2021-2022 academic year in accordance with the evaluation results that have been achieved.

 

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan situasi dan kondisi hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 MAN 1 OKU pada Mata Pelajaran Sosiologi yang masih memprihatinkan sehingga memerlukan tindakan perbaikan. Hal ini ditunjukkan nilai rata-rata siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan, sehingga peneliti mengadakan upaya peningkatan hasil belajar melalui penggunaan metode pembelajaran Jigsaw.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pelaksanaan penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran Sosiologi, 2. hasil belajar siswa. keberhasilan penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tempat pelaksanaan di MAN 1 OKU dan subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa Kelas XI IPS 2 MAN 1 OKU yang berjumlah 40 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksana adalah guru mata pelajaran Geografi. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase.  Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: pertama, penggunaan model pembelajaran Tebak Kata dapat memunculkan sikap mandiri dan memacu kemampuan memecahkan suatu masalah. Siswa merasa lebih mudah memahami karena merasa senang sehingga menarik perhatian siswa. Kedua, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Sosiologi dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw yaitu dengan perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ketiga, penggunaan metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 MAN 1 OKU Tahun Pelajaran 2021-2022 sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dicapai.

References

Sudijono, A. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Lie, A. (1993). Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Muliawan, U. J. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Grava Media.

Rusman. (2008). Pembelajaran Jigsaw. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles