Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Darul Hidayah Uman Agung Bandar Mataram Lampung Tengah

Authors

  • Supiana MTs Darul Hidayah Uman Agung Bandar Mataram Lampung Tengah

Keywords:

Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter, Implementasi

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan mengenai implementasi pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap problematika mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa yang dihadapi oleh guru, serta diskripsi-diskripsi dari perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru akidah akhlak. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, interview, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tehnik kualitatif. Tehnik ini digunakan unyuk mengolah data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa1) implementasi pendidikan karakter pada perencanaan mata pelajaran akidah akhlak masih bersifat mengkarakterkan perencanaan pembelajaran dan belum menunjukkan perencanaan pembelajaran yang berkarakter. 2) Implementasidalam pelaksanaan Masih bersifat konvensional. Pembelajaran pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran masih menunjuk pola yang sama antara pembelajaran pertama dan berikutnya bahkan pelaksanaan penanaman karakter justru tidak relevan dengan materi yang diajarkan oleh guru akidah akhlak tersebut. Implementasi pendidikan karakter pada tahap evaluasi sudah dilakukan, namun demikian hanya menggunakan satu tehnik yaitu pengamatan.

References

Ali, Muhammad. 2007. Guru Dalam Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Aly, Hany Noer dan Munzier S. 2003. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djatmika, Rahmat. 1996. Sistem Etika Islam. Surabaya: Pustaka Panjimas Gunawan,

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hidayatullah, M.Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yama Pustaka

Ilyas, Yunahar. 2005. Kuliah Akhlak. Yogyakararta: Pustaka Pelajar OffsetKamisa.1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Kesuma, Dharma dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik diSekolah. Bandung: Remaja Rosda karya

Koesoema A, Doni.2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo

Mahfudz, Sahal. 1994. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKS bekerjasama dengan Pustaka Pelajar

Mahmud, Ali Abdul Halim. Ma’aal-‘Aqidahwaal-Harakahwaal-Manhajfi Khairi Ummatin Ukhrijatlian-Nas,ter. As’adYasin. Jakarta: Gema Insani Press

Majid, Abduldan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda karya

Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Masy’ari, Anwar. 1990. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: Bina Ilmu

Mulyana,E. 2007. Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Nata, Abuddin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Samin, Sudarman. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: ALVA BETA.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Vebrianto,St.,et.al. 1993. Kamus Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Wahyudin. 2009. Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak. Semarang: PT Karya Toha Putra

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles