MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI QURBAN DAN AQIQAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT

Authors

  • nurrohim IAIN CURUP

Keywords:

Pembelajaran, Kooperatif, Model, TGT

Abstract

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran Agama Islam siswa kelas X MAS Nurul Ulum Muara Burnai II. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua  putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah MAS Nurul Ulum Muara Burnai II  yang berjumlah 40 Orang. Terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 70,63 dan siklus II 83,88. Jadi dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT berdampak positif dan memiliki keunggulan dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Sekolah MAS Nurul Ulum Muara Burnai II.

References

Arif, A, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud

Hartoyo, 2000, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Lie, A, 2008. Cooperative Learning. Jakarta : PT. Gramedia

Marimba, 2004. Pengukuran Keberhasilan Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta

Muhaimin, 2012. Studi Hukum Islam dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan. Jakarta: Kencana

Nawawi, 2001. Hasil Belajar dan Keberhasilan Siswa. Jakarta : Sinar Cemerlang Abadi

Ramayulis, 2005, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Rofiq, A, 2002, Hukum-Hukum Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadly, 2007. Hasil Belajar sebagai Ukuran Keberhasilan Pembelajaran. Bandung: Tinta Emas

Solihatin, E, 2007. Analisis Model PembelajaranCooperative. Jakarta : Bumi Aksara

Suprijono, A, 2005, Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syarifuddin, 2003, Garis-Garis Besar Fiqh, Bogor: Kencana

Wahyuni, 2001, Pembelajaran Kooperatif.Jakarta: Pusat Penerbitan UT

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles