Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar

Authors

  • Pipik Untari MTs As-Salam, Rimbo bujang Jambi

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan Islam, Sekolah Dasar

Abstract

Tulisan ini mendeskrpsikan tujuan  pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Dalam perkembangannya anak usia Sekolah Dasar memiliki kemampuan berfikir tersendiri pada anak usia Sekolah Dasar yang berkembang secara berangsur-angsur. Perlu dipahami secara bijak untuk dapat mengantarkan keberhasilan tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunkaan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research). Yaitu melalui analisis deskriftif dengan cara mengumpukan data, menyusun dan menginterprestasikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam di sekolah dasar cukup unik, jika pada masa sebelumnya daya fikir anak masih bersifat imajinatif  maka pada masa ini daya pikir anak ·berkembang kearah berpikir kongkrit, rasional dan objektif. Adapun ruang lingkup kajian pendidikan agama Islam yaitu Al-Qur’an, akidah, akhlak, fiqh/ ibadah, dan sejarah kebudayaan Islam. Metode pendidikan yang bisa diterapkan mengacu kepada metode Qur’ani yakni metode amstal, metode qishah, metode ibrah mauidzah, metode hiwar jadali, metode uswah hasanah, dan metode targhib tarhib. Sementara itu, pendidikan Agama Islam bisa dilaksanakan secara secara verbal ataupun non verbal, tulis maupun non tulis yang ditujukan untuk mengukur komptensi intelektual, kompetensi sosial, kompetensi sosial dan kompetensi spiritual. Dengan demikian, pendidikan agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu  menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban Islam dalam kehidupan sehari- hari

References

Abu Ghuddah, Fattah Abdul. 2012. Tarj. Ar-Rasul Al-Mu’allim wa Asalibuhu fil Ta’lim. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Al-Syaibany, Omar Muhamad Al-Taomi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Darmiah, Darmiah. 2019. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 53(9): 1689–99.

Budiyanti, Nurti, Ahmad Syamsu Rizal, and Elan Sumarna. 2016. “Implikasi Konsep Ūlūl ‘Ilmi Dalam Al-Qur`Ān Terhadap Teori Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsīr Mu’Tabarah).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung, Rosdakarya.

Efendi, Saprin, Saiful Akhyar Lubis, and Wahyuddin Nur Nasution. 2018. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan.” EDU RILIGIA Journal Vol 2(No 2): 265–75.

Fakhruddin, Agus. 2014. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 12(1): 79–96. http://jurnal.upi.edu/file/07_-_Urgensi_Pendidikan_Nilai_-_Agus_F.pdf.

Hamka Abdul Aziz, 2012, Pendidikan Karakter Burpusat Pada Hati, Jakarta: Al Mawardi.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hartati, Afiatun Sri. 2015. “Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 13(1): 87.

Hartati, Sri. 2017. “Konsep Spiritual Parenting Dengan Pendekatan Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Moral Anak Usia Sekolah Dasar.” Http://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/ 4(1): 40–52. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/102/99.

Hamalik, Omar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail. 2009. Stratgei Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. Semarang: RASAIL.

Kosim, Nandang. 2015. “Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran PAI Di SD.” Qathrunâ 2(2): 121–42.

Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi : Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nata, Abuddin. 2003. “Manajemen Pendidikan Mengatasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ilmu Pendidikan.

Rizal, Ahmad Syamsu, and Abstrak. 2014. “Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Sari, Lia Mega. 2019. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 211.

Sholihah, Zumrotus, and Imam Machali. 2017. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Alternatif Sd Sanggar Anak Alam ( Salam ).” Cendekia 15(2): 226–40.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles