Sorotan Dan Kritik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Disekolah Dasar,Menengah Dan Perguruan Tinggi

Authors

  • latifah12 IAIN CURUP

Keywords:

Akhlak, Fenomena,, Demokratis,, Kreatif, Cakap

Abstract

Abstrak:  Tujuan dari penulis artikel ini yaitu menjelaskan fenomena pelaksanan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi umum. Pendidikan agama Islam memilikiperan yang sangat penting sebagai pelaksanaan amanat Undang- Undang Nasional nomor 20 tahun 2003 yaitu tujuan pendidikan nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Metode penulisan studi literature disesuaikan dengan pembahasan tema diatas. Hasil dari penulisan yaitu mengetahui fenomena hasil pendidikan agama Islam yang terjadi dalam lembaga pendidikan tingat dasar, menengah dan tinggi sehingga menemukan beberapa permasalahan dan problematika yang terjadi di tengah-tengah masyarakat serta respon masyarakat terhadap hasil pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi. Dengan adanya fenomena terjadi dimasyakat lemabga-lembaga pendidikan perlu meninjau ulang model pembelajaran agama Islam yang lebih inovatif dan kreatif sehingga bias diterima di tengah-tengah masyarakat.

 

References

Arfiani, N. “Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Palu.” Scolae: Journal of Pedagogy, 2019. https://www.ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/34.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Hadi, M J. “Pengembangan Media Pembelajaran Mahasiswa Pai Berbasis Whatshaap.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan …, 2021. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/427.

Ismadi, Hurip Danu. “Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Kebudayaan.” Kabilah 1, no. 1 (2014): 3.

Jannah, N. Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas VII Di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. repository.iainkudus.ac.id, 2020. http://repository.iainkudus.ac.id/4077/.

Mudlofir, A, and E F Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. repository.uinsa.ac.id, 2016. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1592/.

Rofiah, N H. “Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Di Perguruan Tinggi.” Fenomena, 2016. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/472.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles