Penerapan Teori Operant Conditioning Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadis Pada Peserta Didik Kelas 5 (Lima) Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Puramekar Gedung Surian

Authors

  • Sa’ih MI Al-Ikhlas, Puramekar Gedung Surian Lampung Barat Lampung

Keywords:

Al-Qur’an, Operant, Pembelajaran

Abstract

Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang dilalui peserta didik dengan segala lingkungan dan sepanjang hayat. Pada hakikatnya kehidupan mengandung unsur pendidikan karena adanya interaksi dengan lingkungan, namun yang penting bagaimana peserta didik menyesuaikan diri dengan siapapun. Tentunya dalam proses pendidikan, seorang guru menjadi contoh konkrit bagi perkembangan akhlak pada peserta didik, dan teman-temannya akan menjadi faktor penguat dalam melakukan suatu perbuatan. Karena seorang guru itu selain yang merencanakan dan melakukan interaksi pembelajaran, seorang guru juga menjadi tauladan dan menjadi figur bagi peserta didik. Adapun yang terjadi pada peserta didik dalam hal ini pertama adalah kurangnya semangat dalam belajar Al-Qur’an dan Hadis dikarenakan monotonnya teknik pembelajaran,kedua kurangnya kreatifitas pengajar dalam mengguakan teknik pembelajaran sehingga tidakadanya perubahan secara signifikan terhadap peserta didik. Dalam hal ini pula pendidik belum memahami teori operat conditioning. Maka dari itu tujuan dalam penulisan ini adalah menerapkan teori operant conditioning dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis pada peserta didik kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Al-Iklas Puramekar Gedung Surian Lampung Barat. Adapun teori operant conditioning adalah setiap respon yang bersifat instrumental dalam menimbulkan akibat-akibat tertentu, seperti hadiah makanan atau satu kejutan listrik. Respon tersebut beroperasi ke dalam lingkungan, sementara Conditioning menpunyai arti mempelajari respon tertentu.

References

B. F. Skinner, (1953). Science and Human Behavior

M. Ngalim Purwanto, (2000) Psikologi Pendidikan, (Bandung : Remaja Rosdakarya)

Abu Ghuddah, Fattah Abdul. 2012. Tarj. Ar-Rasul Al-Mu’allim wa Asalibuhu fil Ta’lim. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Al-Syaibany, Omar Muhamad Al-Taomi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Darmiah, Darmiah. 2019. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 53(9): 1689–99.

Budiyanti, Nurti, Ahmad Syamsu Rizal, and Elan Sumarna. 2016. “Implikasi Konsep Ūlūl ‘Ilmi Dalam Al-Qur`Ān Terhadap Teori Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsīr Mu’Tabarah).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung, Rosdakarya.

Efendi, Saprin, Saiful Akhyar Lubis, and Wahyuddin Nur Nasution. 2018. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan.” EDU RILIGIA Journal Vol 2(No 2): 265–75.

Fakhruddin, Agus. 2014. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 12(1): 79–96. http://jurnal.upi.edu/file/07_-_Urgensi_Pendidikan_Nilai_-_Agus_F.pdf.

Hamka Abdul Aziz, 2012, Pendidikan Karakter Burpusat Pada Hati, Jakarta: Al Mawardi.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hartati, Afiatun Sri. 2015. “Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 13(1): 87.

Hartati, Sri. 2017. “Konsep Spiritual Parenting Dengan Pendekatan Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Moral Anak Usia Sekolah Dasar.” Http://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/ 4(1): 40–52. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/102/99.

Hamalik, Omar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail. 2009. Stratgei Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. Semarang: RASAIL.

Kosim, Nandang. 2015. “Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran PAI Di SD.” Qathrunâ 2(2): 121–42.

Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi : Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nata, Abuddin. 2003. “Manajemen Pendidikan Mengatasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ilmu Pendidikan.

Rizal, Ahmad Syamsu, and Abstrak. 2014. “Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Sari, Lia Mega. 2019. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 211.

Sholihah, Zumrotus, and Imam Machali. 2017. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Alternatif Sd Sanggar Anak Alam ( Salam ).” Cendekia 15(2): 226–40.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles