Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing Dan Number Head Together

Authors

  • Nur Hidayati MI Islamiyah

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Metode Kuasi Eksperimen, Pembelajaran Kooperatif, Teknik Kancing Gemerincing, Teknik Numbered Head Together

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas kuasi eksperimen I dan kelas kuasi eksperimen II. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III MI Islamiyah tahun ajaran 2019/2020, sedangkan sampelnya yaitu kelas IIIb sebagai kelompok kuasi eksperimen I yang mendapatkan pembelajaran kancing gemerincing dan kelas IIIa sebagai kelompok kuasi eksperimen II yang mendapatkan pembelajaran NHT dengan pengambilan sampel secara purposive, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT) dengan kancing gemerincing, (2) Kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kuasi eksperimen I dengan teknik pembelajaran kancing gemerincing adalah sedang, (3) Kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kuasi eksperimen II dengan teknik pembelajaran NHT adalah sedang, (4) Siswa bersikap positif terhadap teknik pembelajaran kancing gemerincing, (5) Siswa bersikap positif terhadap teknik pembelajaran NHT namun di sisi lainmereka bersikap negatif terhadap penyediaan LKS.

References

Huda, N dan Kencana, AG. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (hal. 595-606)

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Natawidjaja, dkk. (2007). Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press

Qohar, A. (2009). Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pembelajaran dengan Model Reciprocal Teaching. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (P-31).

Rifyal, Y. (2013). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Problem Based Learning dengan Siswa yang Mendapatkan Pembelajaran Langsung. Skripsi pada Jurusan Matematika STKIP Garut : Tidak diterbitkan.

Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles