Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus Pada MIN 1 Lebong

Authors

  • Sri Hartati MIN 1 Lebong

Keywords:

Pembelajaran Al-Quran Hadits, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas pembelajaran al-Quran Hadits di  madrasah ibtidaiyah  yang  fokus  pada  tiga  tahapan  pembelajaran,  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  dan evaluasi serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian  kualitatif dengan menggunakan rancangan multisitus, karena penelitian ini meneliti dua subyek, latar atau tempat penyimpanan  data. Subyek penelitian  ini  lebih  dari satu,  karenanya sesuai  dengan  pendapat Bogdan,  penelitian menggunakan  pendekatan  multisitus  berusaha mengkaji  beberapa subyek tertentu  dan  membandingkan  dan  mempertentangkan  beberapa  subjek  tersebut.  Aturannya, subjek yang diperbandingkan harus sejenis dan sebanding. Berdasarkan  pada hasil penelitian bahwa pembelajaran Al-Quran Hadis pada MIN 1 LEBONG memiliki perbedaan, antara lain: Pertama, Pada kegiatan perencanaan pembelajaran di MIN  LEBONG  belum dilakukan secara baik karena guru-guru belum faham kurikulum 2013, sebaliknya yang dilakukan di MIN. Kedua, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada masing-masing Madrasah mengacu pada RPP yang dikembangkan sebelumnya yakni pada awal  semester, namun kualitas perencanaan masih memiliki perbedaan yang mencolok karena ada   yang sangat faham kurikulum dana ada juga yang sebaliknya, Ketiga evaluasi kegiatan  pembelajaran sudah dilakukan, namun ada yang sesuai dengan tuntunan K13 dan ada yang  sebaliknya karena kurangnya pemahaman tentang kurikulum

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Departemen Agama RI. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag

Davis, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Direktorat Pendidikan Madrasah. Depag. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Depag

English, Evelyn Williams. 2005. Mengajar dengan Empati. Bandung: Nuansa

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Gerlach, Vernon S. Ely, Donald P. 1980. Teaching and Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Hergenhahn, B.R., & Mattew H. Olson. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar), terj. Triwibowo. Jakarta: Kencana

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Robert K. Yin. 2008. Cose Study Research; Design and Methods. Diterjemahkan oleh M. Djauzi

Mudzakir, Studi Kasusl Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. 2006. Accelerated Learning, Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles