Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 3 Pringsewu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Feri Nurhidayat MIN 3 Pringsewu, Kab. Pringsewu Prov. Lampung

Keywords:

Everyone Is A Teachere Here, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 pringsewu yang masih rendah. Hal ini di karenakan kurang fokusnya siswa, kurang tertariknya siswa terhadap metode yang digunakan oleh guru dan kurang berpartisipasinya siswa dalam pembelajaran serta belum maksimalnya pelaksanaan perencanaan yang sudah dirancang oleh guru. Maka di sini peneliti menggunakan salah satu alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan strategi Everyone is A Teacher Here. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan strategi Everyone Is A Teachere Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pringsewu Tahun Pelajaran 2021/2022?.” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pringsewu Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan suatu proses dinamis meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus yang mana pada setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pringsewu dengan jumlah siswa 15 orang diantaranya 9 siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Jenis instrumen dalam penelitian ini menggunkan tes (pretest dan posttest), lembar Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan persentase dari 47% di siklus I menjadi 80% di siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 33%. Maka dapat disimpulkan penerapan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pringsewu Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

E. Mulyasa.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Departemen Agama RI. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag

Davis, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Direktorat Pendidikan Madrasah. Depag. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Depag

English, Evelyn Williams. 2005. Mengajar dengan Empati. Bandung: Nuansa

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Gerlach, Vernon S. Ely, Donald P. 1980. Teaching and Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Hergenhahn, B.R., & Mattew H. Olson. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar), terj. Triwibowo. Jakarta: Kencana

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Robert K. Yin. 2008. Cose Study Research; Design and Methods. Diterjemahkan oleh M. Djauzi

Mudzakir, Studi Kasusl Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. 2006. Accelerated Learning, Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles