Pengembangan Media Podcast Cerita Islami Untuk Keterampilan Bercerita Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Murni Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Merangin

Keywords:

Pengembangan, Media Podcast Cerita Islami, Keterampilan Bercerita

Abstract

Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik. Adapun metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara adalah metode bercerita. Namun, terdapat jenis cerita yang kurang diminati peserta didik yaitu jenis cerita nonfiksi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi dalam mempelajari teks nonfiksi karena cerita nonfiksi jauh lebih sistematis, baku, dan monoton. Selain itu, kurangnya media pembelajaran untuk menunjang berlangsungnya pembelajaran juga menyebabkan peserta didik kurang bersemangat untuk mempelajari teks nonfiksi. Terlebih lagi proses pembelajaran hingga saat ini masih banyak dilakukan secara daring yang disebabkan Pandemi Covid 19 di Indonesia. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat agar pembelajaran berjalan efektif. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang berwujud media Podcast Cerita Islami yang sudah diuji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Metode pengembangan yang diterapkan pada penelitian di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah ini yaitu metode ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi materi, validasi media, angket respon pengguna, dan juga lembar pre-post tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi media yang mendapatkan skor 88,57% yang termasuk kategori “Sangat Valid”, hasil validasi materi memperoleh skor 88,57% yang termasuk kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan dari lembar angket respon guru memperoleh 94% dengan kategori “Sangat Praktis” dan lembar angket respon peserta didik memperoleh skor sebesar 94,4% dengan kategori “Sangat Praktis”. Media Podcast Cerita Islami juga dikatakan efektif karena P-Value yang diperoleh kurang dari 5% (0,05), sehingga diambil keputusan untuk menolak hipotesis nol.

References

Asmi, A. R., & Dhita, A.N. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49-56.

Ajar, P.B., & Indonesia, B. 2020. Kisah Islami Sebagai Pengembangan Bahan Ajar.

Amin, S. 2019. Penerapan Cerita Islami Dalam Meningkatkan Penalaran Moral Pada Anak. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 10.

Abidin, Z. 2016. Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9-20.

Cahyadi, R.A.H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Danur, K. 2017. Maxim Flouting Made by The Main Character of The Fundamentals of Caring Movie. Artikel. UST. Yogyakarta

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. 2017. Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90-104

Fatika, N.F., & Rahayu, E.M. 2021. Using Podcast Media On Teaching Listening in New Nomal Era. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 9(1), 68-76

Goldman, T. 2018. The Impact of Podcasts in Education Pop Culture Intersections The Impact of Podcasts in Education. Advanced Writing: Pop Culture Intersections, 9(5), 4.

Hasim, E. 2019. Perkembangan Bahasa Anak.

Pedagogika, 9(2), 195-206.

Kholis, N. 2021. Penanaman Moral Agama Pada Anak Melalui Cerita Bernuansa Islami. Indonesia Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd),1(2),1-10.

Laila, D., Pascasarjana, P., & Medan, U. N. 2020. Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast. 2020, 7-12.

Masruri, ahmad. 2021. Signifikansi Penerapan Metode Cerita Bernuansa Islami Dalam Menumbuhkan Kedewasaan Beragama Bagi Anak Milenial. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(01), 173-188.

Mayangsari, D., & Tiara, D.R. 2019. Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126-136.

Nurseto, T. 2012. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19-35.

Qarini, W.A. L., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Melalui Cerita Islami Berbasis Audio Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdit Al-Bashirah Kota Palopo

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. 2021. Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807.

Susanti, M.D. 2013. Pengaruh Kegiatan Bercerita Dengan Buku Cerita Islami Terhadap Perilaku Moral Anak. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8 (1), 38–45.

Warisman. (2016). Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis. Malang: Universitas Brawijaya.Press

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles