Cerita Siswa Kelas IV MIS Bustanul Ulum Melalui Pendekatan Area Isi

Authors

  • Dedek Kuswara MIS Bustanul Ulum Tulang Bawang Barat

Keywords:

Apresiasi Sastra, Bacaan Cerita, Pendekatan Area Isi

Abstract

Tujuan   penelitian   ini   secara   umum   adalah   untuk   meningkatkan kemampuan  siswa  kelas  IV  dalam  mengapresiasi  bacaan  cerita  di  MIS Bustanul Ulum melalui pendekatan isi. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan unsur-unsur yang membentuk cerita, nilai-nilai yang terkandng dalam cerita dan memberikan tanggapan tertulis tentang isi cerita. Setelah tindakan  dilakukan  dengan  menerapkan  pendekatan  area  isi  dalam  pembelajaran apresiasi sastra, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) 80% dari siswa bisa menemukan unsur-unsur yang membentuk cerita dengan benar, (2) 75% dari siswa dapat menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita dengan benar, dan (3) 80% dari siswa bisa memberikan tanggapan tertulis tentang isi cerita dengan bahasa kronologis yang mudah dipahami

References

Aminuddin. 1995. Pemahaman dan Penikmatan Bacaan Sastra bagi Anak SD . Malang: PPS IKIP Malang

Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP SD. Jakarta: Depdikbud Effendi, S. 1993. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Tangga Pustaka Alam

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelegence (Kecerdasan Emosional). Terjemahan

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65

Hermaya, T. 1996. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Holdaway, D. 1986. Independece in Reading. Sydney: Ashton Scolastic

Huck, C., dkk. 1987. Children Literature in the Elementary School. Chicago: Rand McNallyColledge Publishing Company

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles