Penggunaan Metode Jigsaw Dalam Peningkatan Motifasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thohiriyah Lampung Tengah

Authors

  • Isnawati MI At-Thohiriyah Lampung Tengah

Keywords:

Jigsaw, Al-Qur’an, Hadits, Motivasi, Belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits dengan fokus materi Q.S al-Lahab dan an-Nashr melalui metode pembelajaran Jigsaw di Mi At-Thohiriyah Lampung Tengah. Penelitian ini memberikan informasi sebagai masukan untuk pengembangan model pembelajaran Jigsaw pada materi Q.S al-Lahab. Di samping itu, penelitian ini juga memberikan pelajaran yang lebih bervariatif, terutama bagi siswa MI At-Thohiriyah Lampung Tengah khususnya agar lebih tertarik untuk aktif dalam belajar. Karena penggunaaan variasi mengajar melalui metode jigsaw membuat para siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan melatih kerjasama serta melatih kemandirian siswa dalam belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan (memberikan konstribusi) yang berarti bagi upaya peningkatan mutu pelajaran Al-Qur’an hadits khususnya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat dipergunakan sebagai bahan atau masukan dalam mengajarkan Al-Qur’an hadits kepada anak didik dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

References

Ahmadi, Abu. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama. 2000. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Diponegoro.

Departemen Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional. Echols, John M. dan Sadily, Hasan. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Falah, Ahmad. 2010. Aspek-aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Idea Press.

Fathurrohman, M. & Sulistiyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2012.

Gunarsa, Singgih D. 1978. Pengantar Psiklologi. Jakarta: Mutiara. Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616

Ibrohim, T. dan Darsono, H. 2009. Penerapan al-Qur’an Hadits, Solo: Tiga Serangkai.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nasution. 1982. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jemmers. Purwanto, Ngalim. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahim, Husni. 2005. Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning 101: Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan penilaian peserta didik, Bandung: Sinar Baru.

Sugiono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wehmeier, Sally. 2000. Oxford Advanced Leaner’s Dictionary. New York: OXford University Press.

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles