Peningkatan Kemampuan Menghafal Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Surat Al-Adiyat Menggunakan Media Hidden Chart Di Kelas V MIS Al Khairiyah Panjang

Authors

  • Mas Dasayani Martika MIS Al Khairiyah Panjang Bandar Lampung

Keywords:

Hidden Chart, Kemampuan Menghafal, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan media Hidden Chart dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat Al-Adiyat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MIS Al Khairiyah Panjang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas V MIS Al-Khairiyah Panjang bahwa ada beberapa permasalahan yang menyebabkan banyak siswa di kelas V belum maksimal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi menghafal surat Al-Adiyat. Oleh karena itu, dalam mengatasi permasalahan tersebut peneliti memberikan saran kepada guru untuk menerapkan media pembelajaran Hidden Chart untuk meningkatkan kemampuan menghafal mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi mengafal surat Al-Adiyat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap tindakan (acting), tahap pengamatan (observing) dan tahap refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, non-tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II bahwa Kemampuan siswa dalam menghafal surat Al-Adiyat di kelas V MIS Al-Khairiyah Panjang mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Hidden Chart. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai 84,00% siswa yang mencapai tingkat ketuntasan dalam menghafal surat Al-Adiyat di MIS Al-Khairiyah Panjang

References

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2016.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Salamah, Husniyatus. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana. 2017.

Usman, Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press. 2002.

Wassid, Iskandar. Strategi Pengajaran Bahasa. Bandung:Rosdakarya. 1987.

Widya, Andy Putra. 2005. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Hidden Chart terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD, e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Vol. 3 No.1.

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles