Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIS Al Islam Di Desa Karang Pulau

Authors

  • Dwi Fajar Yanti MIS Al Islam Karang Pulau, Desa Karang Pulau

Keywords:

Inkuiri, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MIS Al Islam di Desa Karang Pulau Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian tindakan kelas ini berdaur ulang menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MIS Al Islam Karang Pulau Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Teknik pegumpulan data ini adalah tes, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data kualitatif yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan kategori cukup dan meningkat menjadi kategori baik di siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MIS Al Islam Karang Pulau Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara.

References

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwiloka, Bambang dan Rati Riana. Teknik menulis karya ilmiah skripsi, tesis, disertasi, artikel, makalah dan laporan. Semarang: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Press.

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2013. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

--------2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosda.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

-------.2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. 2013. Yogyakarta: Ar. Ruzzmedia.

Sinring, Abdullah., Abdul Saman, Pattaufi, & Rudi Amir. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative learning & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Toharudin, Uus., Sri Hendrawati., & Andrian Rustaman. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Wisudawati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles