Komparasi Metode Pembelajaran Quran Hadits Dengan Metode Daring dan Tatap Muka Sebagian Akibat Pandemi Covid 19 (Studi di MAN 4 Batanghari Jambi)

Authors

  • Fitri Khoerunnisa MAN 4 Batanghari Jambi

Keywords:

Pandemic Covid 19, Pembelajaran Daring, Tatap Muka Sebagian

Abstract

Pandemi covid 19 yang telah berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) tahun telah memberikan pengaruh di berbagai lini kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Pandemi yang melarang orang berkerumun, menyebabkan pembelajaran lebih digalakkan melalui daring (dalam jaringan) untuk meminimalisir pertemuan langsung. Hal tersebut membawa berbagai pengaruh, salah satunya dalam metode pembelajaran siswa. Kondisi ini menarik untuk dikaji karena diakui atau tidak, penerapan system daring tidak dapat serta merta dilakukan karena mempunyai berbagai kendala dalam penerapannya.  Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap perbandingan metode pembelajaran yang sudah diterapkan di MAN 4 Batanghari terhadap hasil pembelajaran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penulis menggunakan metode observasi terhadap anak didik dan wawancara kepada beberapa peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring berdampak terhadap adanya peningkatan biaya pendidikan, pembelajaran menjadi kurang efektif dan maksimal serta kurangnya waktu sosialisasi anak dengan teman maupun guru, sedangkan metode tatap muka sebagian ternyata menjadi metode pembelajaran yang lebih solutif untuk menjawab tantangan di masa pandemi

References

Baswedan, A. R. 2014. Gawat darurat pendidikan di Indonesia. Makalah disampaikan pada pertemuan antara Kementerian dan Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia di Jakarta.

Darmadi, D. 2015. Hubungan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda. Jurnal Komunikasi Unmul.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon, Mhd Sholihin, dan Anrial Anrial. “Relasi Agama dan Pilihan Nasabah: Grounded Theory dan Reposisi Agama pada Pilihan Nasabah Bank Syariah di Bengkulu.” Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian 4, no. 1 (2016): 1–19. doi:10.15548/turast.v4i1.306.

Sudirman, & Maru, R. 2015. Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Surachmad, W. 2006. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ciri Penelitian Komparatif dan Penjelasannya | Penelitian Ilmiah.Com

Pengertian Google Classroom Adalah : Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan (dianisa.com)

Kendala Pembelajaran Daring dan Cara Mengatasinya (jagoanhosting.com)

Bagaimana Keefektifan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas? – Piramida.id

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles