Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Mis Nurul Ma’arif Wai Sidomukti Ketapang Lampung Selatan

Authors

  • Karimuddin MIS Nurul Ma'arif Wai Sidomukti Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan

Keywords:

Al-Qur’an Hadits, Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tindakan kelas atas tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan bagaimana metode ini meningkatkan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis. Partisipan penelitian ini  adalah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat membuat respon siswa terhadap pembelajaran menjadi lebih baik sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa   penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran dan Hadits.

References

Astutik, S. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) berbasis eksperimen pada pembelajaran sains di SDN Patrang I Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 143–153.

Baswedan, A. R. 2014. Gawat darurat pendidikan di Indonesia. Makalah disampaikan pada pertemuan antara Kementerian dan Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia di Jakarta.

Darmadi, D. 2015. Hubungan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda. Jurnal Komunikasi Unmul, 3(3), 211–225.

Djamarah, S. B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Halik, A. 2016. Paradigma pendidikan Islam dalam transformasi sistem kepercayaan tradisional. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Imron, A. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadits MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 7(1).

Kementerian Agama. 2004. Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah dan standar kompetensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473

Mahmudah, M. 2018. Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70.

Megawanti, P. 2015. Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 1–15.

Muhaimin, M. A., & Ali, N. (2002). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(1), 9–16.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Tesis tidak Dipublikasi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Situmorang, H., & Situmorang, M. (2013). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Pengajaran Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 28–36.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97–112. DOI: 10.36667/jppi.v7i1.359

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles