Strategi Pemberian Tugas Pratikum Dalam Pembelajaran Qur’an Hadis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MI Roudlotus Sholihin Air Hitam Lampung Barat

Authors

  • Muhammad Natsir MI Roudlotus Sholihin Lampung Barat

Keywords:

Minat Belajar, Penugasan, Strategi Pembelajaran.

Abstract

Pokok bahasan yang diteliti dalam artikel jurnal ini adalah pembelajaran Quran Hadis di MI Rodotlusssalihin Air Hitam Lampung Barat, minat belajar dan strategi pemberian tugas praktikum dalam pembelajaran Qoran Hadis untuk meningkatkan minat belajar siswa di MI Roudlotus Sholihin Air Hitam Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan teologi normatif, pendekatan pedagogik, pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kategori penelitian kualitatif maka data yang dibutuhkan adalah data kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Pembelajaran Quran Hadis lebih menekankan bagaimana peserta didik mampu menguasai kajian keislaman dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat.  Guru dalam mengajar harus memperhatikan karakter siswanya yang berbeda-beda. Guru memberikan perhatian, bimbingan, dan variasi metode pembelajaran, strategi, media yang digunakan dalam proses belajar mengajar Strategi pemberian tugas praktikum di sekolah adalah meningkatkan minat peserta didik,  meningkatan motivasi dan gairah belajar siswa  untuk mendalami materi.

References

Ahmadi, Abu. dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Cet; III; Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Kholid, Setiawan dan Fitrijaya. Metode Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Siswa Kelas X di SMK Negeri 11 Cimahi). Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung, 2011.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Mulyani, HRA dan Agus Sujarwanta, Peran Praktikum Pemurnian Minyak Jelantah Dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik (repository.ummetroac.id/file/semnasdik) di akses pada tanggl 20 Februari 2018

Sagala, Syaiful. Konsep dan MaknaPembelajaran Cet. VIII; Bandung: Alfabet, 2010.

Sastrawijaya, Tresna. Proses Belajar Mengajar Kimia, Cet. I; Jakarta: P2LPTK, 1998

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 1995

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar Cet. XII; Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles