Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Disertai Demonstrasi Kelas X Semester Ganjil MA Khozinatul Ulum Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Muhammad Nurul Hudda MA Khozinatul Ulum Lampung Tengah

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share, Demonstrasi

Abstract

Peneilitian merupakan cara untuk pengembangan potensi peserta didik dan mempersiapkan pembelajaran yang lebih baik lagi. Fokus dari penelitian mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share menggunkan demonstrasi pada siswa kelas X Ma Khozinatul Ulum Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2018/2019. Kemudian, mengetahui peningkatan hasil belajar akidah akhlak siswa setelah mengikuti model pembelajaran koooperatif think-pair-share. Adapun kegunaan penelitian ini melakukan kolaborasi dengan guru- guru, dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa bidang studi akidah akhlak. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share disertai demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, menggunakan sumber buku yang ada untuk menyelesaikan soal, mendiskusikan jawaban yang diperoleh dengan temannya dan berbagi hasil diskusi dengan temannya pada siswa kelas X Ma Khozinatul Ulum Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II hingga mencapai 89,68% dan dengan predikat sangat baik. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe think- pair-share disertai demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas X Ma Khozinatul Ulum Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari Persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 70,97% dan siklus II meningkat menjadi 87,10%. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dan pembahasan dapat penulis simpulkan sebagai berikut : (1) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) disertai demontrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar akidah akhlak di kelas X Ma Khozinatul Ulum Seputih Banyak semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti dengan meningkatnya aktivitas memperhatikan penjelasan guru, meningkatnya aktivitas mengajukan pertanyaan, meningkatnya aktivitas menggunakan buku sumber yang ada untuk mengerjakan soal, meningkatnya aktivitas mendiskusikan jawaban yang diperoleh dengan temannya dan meningkatnya aktivitas berbagi hasil diskusi dengan temannya. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) disertai demontrasi.dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak di kelas X Ma Khozinatul Ulum Seputih Banyak semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Anatahime. 2008. think-pair share. (Online). http://biologyeducationresea rch. blogspot.com.diakses 12 Oktober 2009. Anonim. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Metro: UM Metro Press.

Arikunto, Suharsini. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Model- model pembelajaran akidah akhlak , Jakarta

Fadholi, Arif. 2009. Kelebihan-Kekurangan-TPS. (Online). http://Ariffadholi. Blogspot.com. diakses 12 Oktober 2009.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Downloads

Published

2022-06-26

Issue

Section

Articles