Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ahmad Sodik MI An Nur Tanjung Mas Makmur, Mesuji Timur, Mesuji

Keywords:

Bahan Ajar, Aqidah Akhlak, Madrasah

Abstract

Seorang guru mempunyai peran yang strategis dalam proses pembelajaran, boleh dikata berhasil tidaknya proses pembelajaran merupakan tanggung jawab penuh seorang guru untuk mewujudkannya. Keberhasilan proses pembelajaran belum cukup jika hanya diukur dari berapa banyak siswa yang bisa lulus dan mendapatkan nilai yang baik, terutama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak siswa diharapkan dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Islam yang didapatnya dari pembelajaran dalam kehidupan nyata. Tulisan ini mencoba  memberi gambaran bagaiamana mewujudkan tujuan dari proses pembelajaran Aqidah Akhlak, dengan cara mengembangkan bahan ajar terkhusus pembelajaran Aqidah Akhlak di tingkat dasar, tanpa menyampingkan prinsip-prinsip yang harus dipenuhi dalam pengembangan bahan ajar.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Pengembangan Bahan Ajar, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Atas, 2008).

Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta, t.p, 2006.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Anjaswara, Rendra, dan H Hardivizon. “Preferensi Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Menanggapi Perilaku Konsumsi Masyarakat Saat Musim Panen.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2017): 81–102. doi:10.29240/jie.v2i2.246.

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.

Hamalik, Oemar. Metode belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 1990.

Kementerian Agama RI, Standar Kompetensi (SK) Dan Kompetensi Dasar (KD) Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: SK Kemenag, 2008).

Mahmud Arif Dalam Perkuliahan S2 Pasca UIN Sunan Kalijaga, tidak diterbitkan, dipresentasikan pada tanggal 1 Desember 2013. Permenag No 2 tahun 2008 Mata pelajaran Akidah Akhlak.

Pramudi, Lanjar, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Bengkulu: LPMP, 2008.

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001.

Sadiman, Arief, Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gaung Persada Press. 2007

Sadiman, Arif, Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1993.

Suyono dan Hariyanto MS, Belajar dan Pembelajaran Teori dan konsep Dasar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Arruz Media, 2013

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles