Persepsi Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Pati Jawa Tengah Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid -19

Authors

  • Ahmad Akrom MI Al Wardah Jugo Donorojo Jepara

Keywords:

persepsi siswa, pembelajaran daring, covid-19

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan menjadi altenatif saat dunia dilanda covid-19.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pendapat siswa/i madrasah tsanawiyah Miftahul Huda Tayu Pati terkait pembelajaran daring atau online selama pandemi dan untuk mengatahui kendala yang dihadapi siswa/i. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan survei tentang persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Miftahul Huda Tayu Pati tahun ajar 2021-2022. Berdasarkan hasil analisis kuesioner yang telah dilaksanakan, terdapat banyak siswa yang kurang atau tidak dapat memahami pembelajaran ketika pembelajaran tersebut dilaksanakan melalui online atau daring

References

Alkhadiah, S. dkk. (1999). Pengantar Persepsi Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Andriani, D. (2011). Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka.

Dwi, N. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring, Jurnal Pembelajaran Matemaatika Inovatif, Vol.3, No.6.

Megawati, P.(2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi, Junal Ilmiah Kependidikan, Vol.7, No.2.

Nina, S.(2013). “PersepsiOrang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak”, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, edisi I, hlm. 14.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, Vol.7, No.2.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi), Rineka Cipta.

Supriyanto, W dan Iswandari R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Vol.13, No.1.

Umaroh, I. (2021) Skripsi: “Problematika Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Peserta Didik Di SMP” Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles