Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung

Authors

  • Hayatunnisa MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung

Keywords:

Al-Qur’an Hadits, Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tindakan kelas atas tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan bagaimana metode ini meningkatkan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat membuat respon siswa terhadap pembelajaran menjadi lebih baik sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran-Hadis.

References

Astutik, S. (2012). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) berbasis eksperimen pada pembelajaran sains di SDN Patrang I Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 143–153.

Baswedan, A. R. (2014). Gawat darurat pendidikan di Indonesia. Makalah disampaikan pada pertemuan antara Kementerian dan Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia di Jakarta.

Darmadi, D. (2015). Hubungan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda. Jurnal Komunikasi Unmul, 3(3), 211–225.

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Halik, A. (2016). Paradigma pendidikan Islam dalam transformasi sistem kepercayaan tradisional. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Imron, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadits MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 7(1).

Kementerian Agama. (2004). Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah dan standar kompetensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70.

Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 1–15.

Muhaimin, M. A., & Ali, N. (2002). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(1), 9–16.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Tesis tidak Dipublikasi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Situmorang, H., & Situmorang, M. (2013). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Pengajaran Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 28–36.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97–112. DOI: 10.36667/jppi.v7i1.359

Sudirman, & Maru, R. (2015). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Surachmad, W. (2006). Pengantar Interaksi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Syahidah, N. L. (2020). Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus Materi Penyembelihan Hewan dan Pengurusan Jenazah). EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 4(1), 49–58.

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles