Penggunaan Alat Peraga Magnet Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V

Authors

  • Hudori MI Al Falah Gunungkasih

Keywords:

Penelitian, Observasi, Refleksi

Abstract

Penelitian pada Pembelajaran IPA di MI Al Falah Gunungkasihmenekankan pada pemberian pengalamam langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami materi secara ilmiah. sehingga hasil belajar akan lebih meningkat, Dalam pembelajaran IPA, alat peraga juga memegang peranan penting sebagai alat yang dapat  mendorong semangat belajar siswa, dan berdasarkan identifikasi masalah dan analisis masalah, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: “Apakah penggunaan alat peraga magnet dapat meningkatkan  kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Al Falah Gunungkasih. Metode penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA yang diawali dengan pengenalan dan pemahaman yang bermakna tentang alat peraga magnet. Metode adalah suatu pengajaran dari pendekatan yang sifatnya teoritik atau prosedur dari pendekatan. Pendekatan ialah salah satu sifat atau keadaan sesuai dengan kodratnya atau sifat ilmiah IPA itu. Hasil observasi dan refleksi yang dilkukan ternyata adanya peningkatan pembelajaran dalam menggunakan alat peraga sehingga dapat menumbuhkan motifasi dan minat siswa dalam belajar IPA. demikian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dengan menggunakan alat peraga sehingga aktivitas dan hasil belajar dapat tercapai

References

Laria, Kartika 2008. Kajian Pustaka: Media Pembelajaran. (http://www.infoskripsi.com/Article/ Kajian-Pustaka-Media-Pembelajaran.html)

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Haryalesmana, Devid 2008. Pengertian Media Pembelajaran. (http://www.guruit07.blogspot.com /2009/01/pengertian-media-pembelajaran.htm

Nursidik, Yahya 2008. Media Pembelajaran. (http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/05/ media-pembelajaran.html)

Kusumah, Wijaya 2007. Media Pembelajaran. (http://wijayalabs.blogspot.com/2007/11/media-pembelajaran.html)

Wardani, dkk.2005. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, dkk.2005.Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles