Pembelajaran Online oleh Guru dalam Kondisi Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar

Authors

  • Lutfi Anwar MTs Muhammadiyah 1 Natar, Lampung Selatan

Keywords:

Pandemi COVID-19, Pembelajaran Online, COVID-19

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci perspektif guru SD tentang pembelajaran online dalam kondisi pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 guru di sekolah Rejang Lebong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memahami konteks pembelajaran online, tetapi dalam implementasi ada berbagai masalah yang ditemukan, diantaranya 1) ketersediaan fasilitas, 2) penggunaan jaringan dan internet, 3) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, dan 4) kerjasama dengan orangtua. Pembelajaran online membantu guru dalam periode pandemi COVID-19, namun dirasa kurang efektif, bahkan 80% guru merasa tidak puas menyeluruh pembelajaran online. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi berbagai pihak termasuk pengambil kebijakan pendidikan dalam penyelenggaraannya pembelajaran online, selain itu penelitian ini juga dapat memfasilitasi peneliti lainnya untuk mengembangkan penelitian tentang pembelajaran online, khususnya di sekolah dasar

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H.N., Simamora, R.M., Fehabutar, D., Mutakinati, L., 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Stud. Philos. Sci. Educ. 1, 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Alase, A., 2017. The Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): A Guide to a Good Qualitative Research Approach. Int. J. Educ. Lit. Stud. 5, 9–19. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.5n.2p.9

Anwar, M. (2018). Inovasi Sistem Pendidikan. Inspiratif Pendidikan , 7 (2), 161-170.https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7851

APJII. (2016). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet di Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Arif, Istyadji, M., & Syahmani. (2018). Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Diskusi Berani terhadap kemampuan Pemecahan Larutan Bahan ajar Penyangga. JCAE, Jurnal Kimia dan Pendidikan, 1 (3), 237–244.beasiswa Google

Baig, MA (2011). Studi Kritis tentang Efektivitas Pembelajaran Online pada Prestasi Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan I-Manager, 7 (4), 28–34. https://doi.org/10.26634/jet.7.4.1391

Beach, P. (2018). Meneliti Penggunaan Pembelajaran Online oleh Guru SD Lingkungan: Studi Eksplorasi. Jurnal Riset Teknologi di Bahan ajar Education, 50 (1), 34–47. https://doi.org/10.1080/15391523.2017.1383216

Budiman, H. Bahan ajar (2014). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (1), 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Candra, N. (2016). Sekolah Nir Kekerasan: Inspirasi Sekolah Menyenangkan dari Empat Benua . Yogyakarta: Pers Ifada.

Cholik, CA (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Sintaksis Literasi: Jurnal Ilmiah Indonesia , 2 (6), 21-30.

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Delen, E., & Liew, J. (2016). Penggunaan Lingkungan Interaktif untuk Dipromosikan Pengaturan diri dalam Pembelajaran Online: Tinjauan Literatur. Jurnal Eropa Dari Kontemporerm Pendidikan ,m 15 (1),m 24–33.

Ekoto, C. E., & Gaikwad, P. (2015). The Impact of Andragogy on Learning Satisfaction of Graduate Students. 3(11), 1178–1186. https://doi.org/10.12691/education-3-11-6

Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Irawati, D. Y., & Jonatan, J. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 135–144. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4014.135-144

McAuley A, Stewart B, Cormier D, Siemens G. The MOOC model for digital practice. SSHRC Application, Knowledge Synthesis for the Digital Economy. 2010.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64

Putri, W. D., & Wanto, D. (n.d.). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP SURAT EDARAN KEMENDIKBUD TENTANG BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMIC COVID 19.

Sharma, B., Steward, B., Ong, S. K., & Miguez, F. E. (2017). Evaluation of teaching approach and student learning in a multidisciplinary sustainable engineering course. Journal of Cleaner Production, 142, 4032–4040. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.10.046

Rahmawati, M., & Suryadi, E. 2019. Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles