Hubungan Antara Minat Baca Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs Al Jauhar Bandar Lampung

Authors

  • Nurhasanah MTs Al Jauhar Sukabumi Bandar Lampung

Keywords:

Minat Baca, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTS AL Jauhar Bandar Lampung.  Penelitian ini dilaksanakan di MTS AL Jauhar Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 45 peserta didik yang diambil menggunakan rumus Slavin, dengan menggunakan  teknik Probability Sampling (Cluster Random Sampling) yaitu pengambilan anggota sampel dengan cara diacak, tanpa memperhatikan setara yang ada didalam populasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah Korelasi/hubungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji coba penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS statistics 20. Analisis data yang digunakan adalah korelasi/hipotesis dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS statistics 20, dan koefisien determinasi. Hasil analisis dengan korelasi Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan motivasi belajar mahasiswa, hal ini diperoleh dari hasil perhitungan dengan bantuan program IBM SPSS statistics 20, dengan rhitung>rtable atau 0,692> 0,227, dengan demikian Ha diterima, atau terdapat hubungan  yang positif  dan signifikan antara minat baca dengan motivasi belajar mahasiswa sebesar 0,692 dan mempunyai sumbangan efektifnya sebesar 47,9%.

References

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Grup, 2018.

Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.

Farida Rahim, Pengajaran Membaca Disekolah Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018.

Hairul Fauzi, Minat Baca Mahasiswa (Permasalahan Dan Upayanya), Jurnal Aktualita, Vol. 9 No. 1, Desember 2018.

Hamzah Uno, Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Jayadi, Novianti Rahmawati, Faktor Penyebab Kurangnya Minat Baca Mahasiswa Di Perpustakaan, Jurnal Paedaogie, Vol. 5 No. 2, Desember 2017.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nurul Hidayah, Diah Rizki Nur Khalifah, Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah Dasar, Yogyakarta: Pustaka Pranala, 2019.

Yulia Siska, Hubungan Minat Belajar Dengan Pemahaman Sejarah Lokal Lampung Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Bandar Lampung, Jurnal Terampil, Vol. 4 No. 2 Oktober 2017

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles