Motivasi Berprestasi Santri Tahfidz Qur’an Ma'had Al Kahfi Dalam Menempuh Pendidikan Di MAN 1 Lampung Timur

Authors

  • Didik Kurniawan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Timur
  • Nanda Fitriana Lukya Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM NU) Metro Lampung

Keywords:

Motivasi Berprestasi, Pendidikan, Tahfidz Qur’an

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wahyu, sebagai petunjuk untuk umat Islam serta sebagai penyempurna dari kitab-kitab suci sebelumnya. Al-Qur’an diturunkan secara bertahap tidak sekaligus. Hikmah diturunkannya Al-Quran secara bertahap ini agar mudah dihafal oleh umat Nabi Muhammad SAW. Menjadi hafidz merupakan impian semua umat Islam di dunia. Kemudian dewasa ini, santri-santri pondok pesantren yang menghafal Al-Qur’an juga menyadari pentingnya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Akan tetapi menjadi sorang santri penghafal Al-Qur’an sekaligus pelajar bukanlah sesuatu yang mudah. Santri Ma’had Al Kahfi MAN 1 Lampung Timur dapat menyelesaikan Pendidikan dengan segudang prestasi akademik dalam keadaan mereka juga masih menghafalkan Al-Qur’an. Oleh karena itu artikel ini bertujuan untuk meneliti tentang motivasi berprestasi santri Ma’had Al Kahfi dalam menempuh pendidikan di MAN 1 Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan penggalian data mengunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat dua macam motivasi yang dimiliki oleh santri penghapal Al-Qur’an dalam menempuh pendidikan di MAN 1 Lampung Timur yaitu,  motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.  Diantara motivasi intrinsik yang dimiliki oleh santri tahfidz dalam berkuliah adalah untuk menambah kualitas diri, sadar bahwa belajar adalah kewajiban yang harus mereka lakukan untuk memberantas kebodohan dan menambah ilmu pengetahuan, sebagai penunjang untuk kehidupan masa depan.  Sedangkan motivasi ektrinsik yang dimiliki adalah, dorongan dari orang tua, madrasah, teman dan lingkuangan mereka

References

Arifin, Imron. (1996). Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Atina Mahdiyya Thoefani. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Motivasi Berprestasi, Dan Profil Demografi Terhadap Adversity Quotient Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Barakatu, A. R. (2007). Membangun Motivasi Berprestasi: Pengembangan Self Efficacy Dan Penerapannya Dalam Dunia Pendidikan. Lentera Pendidikan, 10(1), 34–51.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319

Firdausi, F. (2018). Kecerdasan Intrapersonal Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Santri Mahasiswa Dalam Menghafal Al- Qur ’ An. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(1), 43–63. Https://Doi.Org/10.14421/Qh.2018.1901-03

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Husein Umar. (2008). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi, Thesis, Dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada

Moleong, (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya

Nasution, S. (1988). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nawawi Hadari, Dan Mimi Martini. (1996). Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Rosidi, A. (N.D.). Motivasi Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an (Studi Multi Kasus Di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (Ppiq) Pp. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Dan Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur’an Raudhatusshalihin Wetan Pasar Besar Malang. 67–101.

Zuhairi. 1993. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani.

Downloads

Published

2022-09-16

Issue

Section

Articles