Pendidikan Al-Qur’an Dan Hadis Mewujudkan Generasi Yang Bertaqwa

Authors

  • Supriyanti MTs Muhammadiyah B.Lampung
  • M. Nur Lukman Irawan MTs Muhammadiyah B.Lampung
  • Dwi Arianto MTs Muhammadiyah B.Lampung

Keywords:

Al-Qur’an, Hadis, Islam, Taqwa, Pendidikan.

Abstract

Dasar dan pondasi kehidupan umat manusia adalah Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad saw. Pada kondisi seperti sekarang, dengan perkembangan dunia globalisasi dan teknologi informasi menjadikan keimanan generasi manusia jauh dari keimanan dan ketaqwaan. Sehingga penting kiranya, generasi sekarang harus kembali kepada Al-Qur’an dan Hadis untuk menumbuhkan kembali rasa iman dan taqwa di dalam hati. Dalam tulisan ini bertujuan mencari dan menemukan solusi, agar generasi Islam tidak tergoda dengan perkembangan dunia globalisasi dan teknologi. Tentu yang dilarang dalam hal ini adalah terjrumus pada lubang kesesatan dan kedzoliman. Selain itu tulisan ini juga mengajak kepada generasi Islam agar memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, salah satunya digunakan untuk media dakwah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan sumber primer Al-Qur’an dan Hadis dan Sumseber Sekunder kitab-kitab tafsir dan turast seperti tafsir Ibnu Kasir, Al-Wajiz, As-Sa’di dan kitab lainnya yang mendukung dalam tulisan ini. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah kurangnya pendidikan Aqidah dan Akhlak, pendidikan Al-Qur’an dan Hadis serta pendidikan keagamaan lainnya dalam lingkungan keluarga dan pendidikan formal. Disisi lain, generasi sekarang lebih cenderung terbawa arus dunia globalisasi dan teknologi yang menyenangkan. Sehingga sosulinya adalah menjadikan pendidikan agama sebagai pendidikan dasar dan utama baik dalam lingkungan keluarga ataupun dalam lingkungan pendidikan disekolah dan masyarakat. Kemudian menjadikan pendidikan agama sebagai pendidikan yang menyenangkan baik di Rumah, Masjid, Sekolah dan Lingkungan Masyarakat.

References

Agus, H. Z. (2018). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghozali. Raudhah Proud To Be Professionals JurnalTarbiyahIslamiyah , 18.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Prof. Dr. H. Abudin Nata, M. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Prenadamesia Group.

Rakhmat, A. T. (2020). Konsep Pendidikan Muhammad Naquib Al-Aṭṭas. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14.

Rozak, A. (2018). Alquran, Hadis, Dan Ijtihad sebagai Sumber Pendidikan Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 17.

Setyawan, A. (2013). Anak Juga Manusia. Jakrat: Mizan Digital Publishing.

Shin, Y.-J. (2015). Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Mizan.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Syafi'i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 16.

Downloads

Published

2022-09-16

Issue

Section

Articles