Tetap Belajar Tatap Muka Di Masa Pandemic Covid 19

Authors

  • Yurnalis MIS AL-ANWAR

Keywords:

Yakin, Saling Menjaga Dan Tetap Semangat Dalam Belajar

Abstract

Perubahan yang dipaksa oleh Covid-19 ini begitu cepat. Walaupun demikian dengan terbatasnya kondisi ekonomi masyarakat dan para peserta didik di desa purwoharjo Rimbo bujang, maka kami segenap warga disana tetap menjalankan aktivitas sesuai dengan protocol kesehatan, tetap luring tapi masih dalam batas yang sesuai, dengan adanya pengurangan jam mengajar dan belajar, interaksi anak disekolah dengan tetap memakai masker, membawa makan siang atau jajan dari rumah, sehingga kesehatan tetap terjaga antara guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berusaha melihat realitas praktis tetap belajar di masa pandemic sebagai pengganti media belajar dalam jaringan. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Permasalahan belajar didalam jaringan yang menjadi kontroversi Antara guru dan siswa dapat teratasi dengan tetap belajar di luar jaringan di masa pandemic covid 19

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kementerian Agama RI. Modul perangkat pembelajaran ppg 2022. hal 178-179

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Laoli, N. (2019, March 26). Menkominfo Akui Pembangunan Jaringan Internet di Indonesia Belum Merata. https://regional.kontan.co.id/news/menkominfo akui pembangunan jaringan internet di Indonesia belum merata.

Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, Ahmad Dibul Amda. Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia1, 2, 3, 4. 2022

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles