Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas 2 MI An Nuur Guppi Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Isni Wasilah MIS. AN NUUR GUPPI, Mojopahit, Punggur, Kabupaten Lampung Tengah

Keywords:

Pecahan, Metode Kooperatif STAD, Hasil Belajar

Abstract

Di MI An Nuur Guppi Mojopahit masih banyak yang menggunakan metode ceramah sehingga hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan dan aktivitas siswa cenderung pasif. Bukti nyata lainnya adalah dari kebanyakan siswa nilai pelajaran Matematika belum mencapai KKM 65. Peneliti kemudian menerapkan metode yang berbeda yaitu metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (Stad). Tujuan perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penggunaan metode kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas 2 MI AN NUUR GUPPI, T.P. 2021/2022. Pembelajaran dilakukan dengan dua kali tatap muka atau dua siklus. Hasil penelitian diperoleh dari pengumpulan data yang kemudian diteliti dan analisis dari siklus 1 dan 2. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari observasi dan tes, dapat diketahui bahwa penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Matematika materi pecahan. Peningkatan itu dapat dilihat dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada prasiklus yang mendapat nilai di atas KKM 65 sebanyak 4 siswa (25%), pada siklus 1 yang mendapat nilai di atas KKM 65 sebanyak 7 siswa (43,75%) dan pada siklus 2 yang mendapat nilai di atas KKM 65  sebanyak 14 siswa (87,5%) dari 16 siswa.

References

Alya, Q. (2009). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar.Ttp. Jakarta: PT Indah Jaya Adiprtama Anggota IKAPI.

Anitah W, Sri. (2004). Stategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Elliot, J. (1991). Action Research for Educational Change. Philadelphia: Open University Press.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kurniasi, I & Sani, B. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran di Kelas. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Pendidikan, Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperatif Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suryanto Adi, dkk. (2016). Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wardani, I. Dan Kusuma Wihardit. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles