Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IVB Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di MI Nurul Huda Kota Bengkulu

Authors

  • Sunarti Sundariyani MI Nurul Huda Kota Bengkulu

Keywords:

Motivasi Belajar, IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IVB MI. Nurul Huda Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar Ilmu Pendidikan Alam, gejala-gejala yang ditemukan dari 33 siswa antara lain; 1) sebanyak 17 siswa atau 52% belum menunjukan adanya gairah dalam belajar, cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya, hal ini telihat dari kegiatan siswa yang sibuk dengan kegiatan masing-masing seperti melamun, bercerita dengan teman sebangku, 2) saat pembelajaran berlangsung siswa terkesan sulit memahami dan menjawab materi yang disampaikan guru dan kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaranJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model pambelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, yaitu pada bulan September. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB MI Nurul Huda Kota Bengkulu yang terdidri dari 33 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianlisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi siswa sebelum diadakan tindakan 53,4% Setelah diadakan tindakan siklus pertama angka berubah naik menjadi 61,7 % kemudian pada siklus kedua mengalami kenaikan menjadi 70,1% dan pada siklus ketiga motivasi belajar peserta didik juga mengalami kenaikan menjadi 83%, ini berarti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IVB MI Nurul Huda Kota Bengkulu.

References

Abuddin Nata, 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana. Djaali, 2011, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Jacobsen A. David, dkk, 2009, Methods for Teaching, Yogyakarta: PustakaPelajar

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nana Sudjana, 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rema Rosdakarya Ramayulis, 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sardiman, 2011. Interksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Downloads

Published

2022-10-04

Issue

Section

Articles