Implementasi Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Kelas II SDIT Cahaya Permata Lampung Timur

Authors

  • Dhea Ayu Fatamarimba MIS SA AL Husna, Tanjung Kesuma, Purbolinggo, Lampung Timur

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep, Tematik

Abstract

Pada saat ini proses pembelajaran diberlakukan mengikuti kebijakan pemerintah yaitu dengan melakanakan pembelajaran jarak jauh atau lebih dikenal dengan pembelajaran daring. Hal ini mengakibatkan pendidik harus pintar berkreasi dalam pembelajaran supaya pembelajaran yang di laksanakan menjadi bermakna. Salah satu upaya yang di lakukan pendidik adalah menanamkan konsep pada setiap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada peserta didik serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat pada implementasi di pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 yang di laksanakan kelas II Salman Al Farisyi SDIT Cahaya Permata Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan kepala sekolah, wali kelas II Salman Al Farisyi, peserta didik, serta orang tua peserta didik. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring yang dilakukan secara umum dapat berlangsung dengan baik pemahaman konsep peserta didik yang di terapkan secara daring pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 juga berlangsung baik hal ini dapat di lihat dari proses pembelajaran yang di laksanakan juga terdapat lembar observasi yang dilakukan peneliti dan jawaban peserta didik saat evaluasi, namun pemahaman konsep peserta didik pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 lebih cenderung pada mata pelajaran matematika. Hal ini tidak terlepas dari perencaan pembelajaran yang di siapkan dengan baik, pelaksanaan pembelajaran yang di lakukan dengan menyenangkan, serta evaluasi pembelajaran. Namun terdapat hambatan dalam penerapan pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas II Salman Al Farisyi. Faktor penghambat tersebut di antaranya kendala sinyal saat mengikuti pembelajaran, kurang dampingan dan pengawasan dari orang tua peserta didik, dan terdapat banyak keluhan kuota habis sehingga tidak dapat mengikuti proses pembelajaran.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Asri Budiningsih, C. (2012). Belajar dan Pemebalajaran. Bandung: PT Rineka Cipta.

Belawati, Tian. (2019). Pembelajaran Online. Tangerang: Universitas Terbuka.

Efendi Pohan, Albert. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendidikan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sernu Untung.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Fitri Shofiah, Nurul, Jayanti Putri Purwaningrum, & Fina Falhriyah. (2021). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Whatsapp”. Jurnal Ilmu Pendidikan. No. 5.

Hakiim, Lukmanul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Ika Handarini, Oktavia. (2017.) Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study Form Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). No. 3 2020.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Kurniawan, Deni. Pembelajaran Terpadu Tematik, (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alpabeta.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Badung: PT Remaja Rosdakarya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nyoman Parwati, Ni, dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Pawicara, Ruci, & Maharani Conilie. (2020). Analisis Pmbelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi. No. 1.

Rusman. (2016). Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grfindo Persada.

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipustaka Media.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Silver, Harvey F. (2012).Strategi Strategi Pengajaran. Jakarta: PT Indeks.

Sintia Rahmi, Dina. (2021). Skripsi: “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Selama Masa Covid-19 Dalam Pembelajaran Daring Kelas VII SMP N 1 Tanjung Emas”. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Downloads

Published

2022-10-04

Issue

Section

Articles