Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Individual Pada Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Deby Apriandi MIN 04 Kepahiang

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan Individual, Matematika

Abstract

Tujuan umum pada penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan (Approach) individual di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Kepahiang, Kabupaten Kepahiang. Metode yang digunakan deskriptif. Kemampuan guru (Ability) dalam penyusunan rencana pembelajaran (Planning) pada siklus I yaitu 3,58 pada dan pada siklus II menjadi 3,81 tidak banyak peningkatan yang dicapai namun hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II sudah baik. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I yaitu 3,23 dan pada siklus II menjadi 3,63 meskipun tidak banyak peningkatan yang dicapai, namun sudah menunjukkan hasil yang baik. Terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 79,23 menjadi 84,61 pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 5,38. Dengan demikian hasil belajar yang dicapai pada siklus I sudah baik dan semakin meningkat pada siklus II yang dikategorikan baik. Dengan demikian berdasarkan hasil yang dicapai menunjukkan keefektifan strategi yang digunakan sudah mampu meningkatkan hasil belajar siswa

References

Agus Taufiq. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Dina Mayadiana Suwarma. (2009). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika,

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Ejah Takari. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT . Genesindo.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Gatot Mushsetyo, dkk. (2011).Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

I.G.A.K, Kuswaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Jakarta Selatan: CV. Ricardo Jakarta. Cakrawala Maha Karya.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.41/hts.v78i4.7172.

Sukidin, Basrowi, Suranto. (2008). Manajemen Pendidikan Kelas, Fusan Cendikia.

Sumiati, Asra. (2007). Metode Pembelajaran . Bandung: CV Wana Prima. Udin S. Winataputra, dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wono Setya Bhudi. (2004). Langkah Awal Menuju Olimpiade Matematika.

Downloads

Published

2022-10-04

Issue

Section

Articles