Perjuangan Tokoh Utama Dalam Novel The Sinden Karya Halimah Munawir Kajian Feminisme

Authors

  • Ali Mursid Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Sragi, Lampung Selatan, Lampung
  • Novi Purnamawati Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

Keywords:

Perjuangan Tokoh Perempuan Kajian Feminisme

Abstract

Feminisme merupakan gerakan perempuan yang menuntut emansipasi atau kesamaan dan keadilan hak dengan laki-laki. Keadaan yang telah menempatkan kaum perempuan di bawah kaum laki-laki. Feminisme ini membahas tentang berbagai problematika yang berkaitan dengan perempuan. Perempuan selalu dianggap lebih inferior dari kaum laki-laki maupun perempuan yang termarginalkan. Perempuan berusaha untuk berjuang menggapai impiannya. Novel The Sinden karya Halimah Munawir sebagai salah satu karya sastra yang menceritakan perjuangan perempuan selaku tokoh utama dalam sektor pekerjaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perjuangan tokoh utama untuk melepaskan diri dari dominasi patriarki dan kedudukan tokoh utama dengan menggunakan pendekatan feminisme liberal.

Subjek penelitian ini adalah novel The Sinden karya Halimah Munawir yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Cetakan pertama bulan November tahun 2011 dengan jumlah halaman 145. Objek penelitian ini adalah perjuangan tokoh utama untuk melepaskan diri dari dominasi patriarki dan kedudukan tokoh utama yang terdapat dalam novel The Sinden karya Halimah Munawir. Langkah-langkah yang digunakan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: (1) Metode baca catat yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan cara membaca teks tertulis kemudian mencatat kutipan-kutipan dari hasil bacaan tersebut dalam kartu data yang tersedia, dan (2) Metode kajian kepustakaan yaitu metode yang digunakan untuk mencari, menentukan, dan menelaah dari berbagai buku sebagai sumber tertulis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu data.

References

Adiani, Arfiani Resty. 2011. Perjuangan Tokoh Utama dalam Mengubah Struktur Hierarki dalam Masyarakat dalam Novel Batas Karya Akmal Nasery Basral: Sebuah Tinjauan Kajian Feminisme. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Djajanegara, Soenarjati. 2000. Kritik Sastra Feminis Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munawir, Halimah. 2011. The sinden. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti dan Suharto. 2010. Kritik Sastra Feminisme Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles