Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Aryadi Irawan MTs Mathlaul Anwar Talang Padang

Keywords:

Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Peserta Didik

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang kreatifitas guru dan motivasi belajar peserta didik. Belajar merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan dalam diri seseorang baik pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya maupun keterampilannya. Dalam belajar seorang peserta didik memerlukan motivasi atau dorongan baik dari dalam maupun dari luar. Jika peserta didik memiliki motivasi belajar yang kuat, maka materi pelajaran akan ringan dan mudah serta proses belajarpun menjadi menyenangkan. Kreativitas guru adalah salah satu pendorong motivasi belajar. Guru kreataif dapat mengembangkan kemampuannya, ide-ide baru dan cara-cara baru dalalm mengajar. Untuk mendorong kreativitas guru perlu ada upaya yang harus dilakukan baik oleh kepala sekolah berupa supervisi, pembinaan dan pengembangan, pemberian penghargaan, dan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Maupun upaya yang dilakukan oleh guru itu sendiri yaitu memperluas wawasan, mengembangkan lingkungan fisik pembelajaran, mengembangkan keterbukaan, dan optimalisasi pemanfaatan teknologi pembelajaran. Kreativitas guru dapat berupa kreativitas dalam manajemen kelas dan penggunaan media pembelajaran. Cara untuk memunculkan motivasi yang dapat dilakukan guru antara lain memberi angka,hadiah, kompetisi, ego involvement, ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat belajar, minat, dan tujuan yang diakui.

References

Abas Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta. Elex Media Komputindo Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Elly Manizar. Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Tadrib. Vol 1, No.2, Desember 2015

Handoko Hani T. 2009. Manajemen. Yogyakarta. BPFE Jakarta. Grafindo

Oktavia Yanti. Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol.2 No.1. Juni 2014

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian .

Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta.Rineka Cipta Statistik, dan Contoh Riset. Yogyakarta. CAPS

Sulistyorini dan Fathurrohman M. 2016. Esensi Manajemen Pendidikan Islam: Pengelolaan Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Yogyakarta. Kalimedia

Sunhaji. 2008. Manajemen Madrasah. Yogyakarta. Grafindo & Purwokerto. STAIN Press

Sunyoto Danang dan Burhanudin. 2011. Perilaku Organisasional. Jakarta. CAPS Sunyoto Danang. 2015. Penelitian Sumber Daya Manusia: Teori, Kuisioner, Alat

Susanto Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta. Kencana Suyono dan Haryanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar.

Syafaruddin dan Nasution Irwan. 2005. Manajemen Pembelajaran. Ciputat. PT. Ciputat Press

Talajan,Guntur. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru.

Thoifuri. 2013. Menjadi Guru Inisiator. Semarang. Media Campus Publishing Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003. Jakarta. BP. Dharma Bhakti. 2003

Uno Hamzah B. 2009.Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta. Bumi aksara Yogyakarta.Laksbang Pressindo.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles