Upaya Peningkatan Kualitas Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sirojul Munir Al-Ihsan Melalui Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Nairotul Masbikoh MI Sirojul Munir Al-Ihsan Sidomakmur

Keywords:

Upaya Peningkatan, Kualitas Guru, Karya Ilmiah

Abstract

Pendidikan menjadi jembatan terhadap kemajuan suatu bangsa. Selain itu Pendidikan juga menjadi peran yang sangat penting untuk mengembangkan kreativitas. Untuk itu perlu tenaga pengajar yang berkualitas guna untuk menunjang Pendidikan. Kualitas guru perlu ditingkatkan guna untuk memperbaiki mutu yang ada di diri guru. Salah satu untuk meningkatkan kualitas guru dengan cara menulis karya ilmiah. Kita ketahui bahwa masih minimnya kreativitas guru dalam menulis karya ilmiah. Tujuan penelitian dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas guru dalam menulis karya ilmiah di MI Sirojul Munir Al-Ihsan. Metode dari penelitian ini menggunakan metode kualitatif ialah penelitian yang mendeskripsikan serta menganalisis fenomena yang ada. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa guru yang diwawancarai masih sangat minim pengetahuan dalam menulis karya ilmiah, serta faktor lainnya ialah kurangnya kemauan dalam hal menulis. Kualitas Guru di MI Sirojul Munir Al-Ihsan masih sangat minim terkait dengan penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan kualitas dalam menulis dengan cara diadakannya pelatihan, membentuk forum diskusi, melakukan lomba menulis.

References

Agus Suyanto. 1989. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Alma. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Alfabeta.

Borrow L H. 2010. Encouraging Creativity with Scientific Inquiry. Creative Eduqation.

Caswita. 2020. “Forum Gumeulis : Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kota Tasikmalaya” 8 (1): 418–29.

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga KependidikanDepdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. 2001. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta.

Dewojati. 2012. Drama, Sejarah, Teori, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.

Hu, Chun song. 2019. “Scientific Papers: Which Type Would You Prefer?” Journal of Integrative Medicine 17 (2): 77–79. https://doi.org/10.1016/J.JOIM.2019.02.003.

Liliasari, Rubini B dan. 2013. “Basic Natural Sciences Contribution for Scientific Attitude Development and Values of Life.” International Journal of Science and Research 2 (5): 465–68.

Marto, Hasia. 2019. “KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH DI KABUPATEN TOLITOLI DIFFICULTY OF PRIMARY SCHOOL TEACHERS IN WRITING SCIENTIFIC WORKS AS THE DEVELOPMENT OF PROFESIONAL COMPETENCE IN TOLITOLI DISTRICT” 1 (2): 84–89.

Noorjannah, L. 2014. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Humanit 10 (1): 97–114.

Soetopo, H. 2012. Tantangan Dan Isu-Isu Pendidikan Nasional Serta Solusinya. Artikel Dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Administrasi Pendidikan.

Sonhadji, A. 2013. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Suharsimi Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tanjung, Bahdin Nur & Ardial. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : (Proposal, Skripsi, DanTesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles