Penggunaan Media Powerpoint Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII Mts Mamba’ul Ulum Margoyoso

Authors

  • Ekawati MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso

Keywords:

Media Powerpoint, Mts Mamba’ul Ulum Margoyoso, Motivasi belajar siswa

Abstract

Penggunaan media di pandang penting karena dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan media yang di rancang semenarik mungkin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa meningkat dan hasil belajar siswa pun dapat ditingkatkan. Media power point merupakan media yang dapat digunakan oleh guruuntuk menciptakan suatu pembelajaran yang menarik dan baik dengan di rancang semenarik mungkin sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk adalah: (1) untuk memperoleh data tentang penggunaan media power point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso, (2) untuk memperoleh data mengenai kendala yang terjadi ketika menggunakan media power point di MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso, dan (3) untuk mendapatkan data mengenai cara menangani dan menyelesaikan kendala yang terjadi ketika menggunakan media power point di MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa di MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso meningkat dapat di lihat dari hasil belajar siswa, baik dari prestasinya, siswa lebih berani bertanya ketika pembelajaran berlangsung, lebih aktif dalam pembelajaran dan sebagainya. dan kendala yang terjadi dalam penggunaan media power point yaitu berkurangnya waktu pembelajaran atau tersitanya waktu karena di sebabkan untuk mempersiapkan LCD, Proyektor dan menghidupkan laptop dan sebagainya. dalam mengatasi kendala lainnya yaitu sebelum pembelajaran dimulai 15 menit sebelumnya sudah dipersiapkan segala perlengkapan baik proyektor, mengaktifkan LCD serta menyambungkan laptop pada LCD agar waktu pembelajaran tidak terbuang.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta,2009)

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hasan Baharuddin, Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis LingkunganMelalui Model ASSURE, Cendekia, 14(2),

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Ngalim Purwanto, psikologi Pendidikan, (bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)

Reiser dan Dempsey, Trends and issues in instructional design and technology, (New York Pearson 2012)

Sadirman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta CV Rajawali 2006)

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Smaldino Sharon, Intruction Tecnology and media for learning (Upper Saddie River, New Jersey: Person 2008)

Zulaikha, guru mata pelajaran Akidah akhlak, wawancara pribadi, Madura, 24 Maret 2020.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles