Efektifitas Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta H.Ahmad Syukur

Authors

  • Istiamah MIS H. Ahmad Syukur, Lampung Utara

Keywords:

Penerapan, Metode Muraja’ah, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an

Abstract

Metode muraja’ah merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara mengulang kembali hafalan yang sudah pernah dihafalkan untuk menjaga dari lupa dan salah. Kegiatan mengulang hafalan sangat penting dalam menjaga hafalan agar tidak mudah hilang dan terlepas karena lupa, sifat lupa adalah sesuatu yang wajar pada diri manusia. Artikel ini bertujuan menyajikan hasil penelitian kualitatif yang mengeksplorasi pengaruh penerapan metode muroja'ah dalam menghafal Al-Qur'an Juz 30 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat selama penerapannya di Madrasah Ibtidaiyah Swasta H. Ahmad Syukur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Muraja’ah dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an Juz 30 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Swasta H. Ahmad Syukur berjalan secara baik dan efektif. Sedangkan waktu pelaksanaan dilaksanakan 2 waktu, yakni sebelum masuk kelas yang dilakukan secara individu di kantor menggunakan pengeras suara, kemudian dilakukan bersama-sama siswa dan dewan guru di kelas sebelum jam pelajaran di mulai. Tahapan-tahapan metode Muraja’ah yakni, pembukaan yaitu pembelajaran diawali dengan salam kemudian membaca surat al-fatihah dan do’a mau belajar secara bersama-sama, guru menyampaikan materi secara singkat. Muraja’ah hafalan secara bergiliran yaitu mengulang/ meMuraja’ah hafalan kepada guru, evaluasi yakni untuk menguji pemahaman siswa, yang terakhir penutup.

References

Abdul Rauf, Abdul Aziz. 2004. Kiat Sukses menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah. Bandung: PT Syamil Cipta Media.

Abu Ahmadi, Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Armai Arif. 2002. Pengantar Ilmu dan Penelitian Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Dar Ar-Rasail. 2018. Agar Muraja’ah Lebih Asyik. Jakarta: Digital Publishing.

Darsyafi. 2016. Mushaf Al-Madinah Al-Kalam. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Departemen Agama RI. 1971. Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penerjemah Al-Qur'an

Faizatul Mukholisoh. 2019. “Pelaksanaan Metode Muraja’ah Tahfidz Al-Qur’an di Mahad Al-Ulya MAN Kota Batu”, Jurnal Ilmiah, Volume 4, Nomor 3.

Falakhudin. 2018. “Implmntasi Metode Muraja’ah Untuk Kberhasilan Belajar Dalam Program Unggulan Tahsin Tahfidz Al-Qur’an Siswa Siswi SD Islam Al-Madinah Kalongan”. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Ida Khusniyah. 2014. “Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Muraja’ah Studi Kasus Di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo”. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Tulungagung

Muhammad Fatkhurrohman. 2019. “Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Meningkatkan Kwalitas Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII A DI SMP AlMuayyad Surakarta”. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Propesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Rosdakarya.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonsia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Saied Al-Makhtum, Yadi Iryadi. 2016. Karantina Hafal Al-Qur’an Sebulan. Ponorogo. CV Alam Pena.

Siti Shobah Fauziyah. 2018. “Efektifitas Metode Muraja’ah Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Komplek Hindun Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta”. Skripsi: Fakultas Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wahid, Wiwi Alawiyah. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur‟an. Jogjakarta: Diva Press.

Zawawie, Muhkholisoh. 2011. P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Downloads

Published

2022-10-08

Issue

Section

Articles